Kamis 17 Nov 2016 04:36 WIB

3 Persiapan Penting Rumah Saat Musim Hujan

Red: Indira Rezkisari
Perhatikan kondisi rumah agar tetap prima di musim hujan.
Foto: Pixabay
Perhatikan kondisi rumah agar tetap prima di musim hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa hari belakangan hujan turun cukup sering di sejumlah wilayah Indonesia. Pertanyaannya apakah Anda sudah mempersiapkan rumah dengan baik?

Rumah harus tetap nyaman dan aman ditinggali saat musim hujan. Rumah adalah pelindung seluruh penghuni rumah dari bahaya hujan lebat. Misalnya rumah bocor, banjir, dan gangguan lainnya.

Jika belum, simak sejenak ulasan berikut. Setidaknya ada 3 hal yang perlu jadi perhatian utama, untuk membuat rumah tetap aman dan nyaman saat hujan, antara lain:

Atap dan Plafon

Bagian pertama yang perlu dicek secara berkala ialah atap rumah dan plafon. Bagian atap ini merupakan salah satu yang paling rentan bocor. Apalagi bila material genting yang digunakan dari batu bata merah yang cenderung mudah pecah dan berlubang.  

Jadi, pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala, agar tidak bocor dan membuat hujan yang turun masuk ke dalam rumah. Atap yang pecah atau berlubang, bukan hanya menyebabkan bocor, tapi juga jalan masuk tikus ke dalam rumah.

Talang Air

Hal kedua yang perlu dicek kondisinya ialah talang air. Bila pemasangannya tidak tepat, talang bisa menjadi sumber kebocoran di rumah. Termasuk ketika ada kotoran yang tersangkut di talang dan membuat aliran air jadi macet.

Hal ini tentunya akan sangat merepotkan. Untuk itu, periksa kembali bagaimana kondisi talang air di rumah sebelum musim hujan atau saat cuaca sedang cerah. Bila ada masalah, segera lakukan langkah perbaikan untuk kenyamanan dan keamanan nantinya.

Pipa

Pipa merupakan bagian penting yang sering terlewatkan untuk dicek saat masuk musim hujan. Padahal, bila pipa bermasalah dampaknya sangat mengganggu kenyamanan di rumah. Misalnya pipa bocor, retak, tersumbat, dan sebagainya.

Jadi, satu hal penting yang perlu dicek saat musim hujan di rumah ialah pipa. Cek secara berkala dan rawat pipa dengan baik, agar terhindar dari masalah. Contohnya pipa bengkok, dan masih banyak lagi.  

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَدُّوْا لَوْ تَكْفُرُوْنَ كَمَا كَفَرُوْا فَتَكُوْنُوْنَ سَوَاۤءً فَلَا تَتَّخِذُوْا مِنْهُمْ اَوْلِيَاۤءَ حَتّٰى يُهَاجِرُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَخُذُوْهُمْ وَاقْتُلُوْهُمْ حَيْثُ وَجَدْتُّمُوْهُمْ ۖ وَلَا تَتَّخِذُوْا مِنْهُمْ وَلِيًّا وَّلَا نَصِيْرًاۙ
Mereka ingin agar kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, sehingga kamu menjadi sama (dengan mereka). Janganlah kamu jadikan dari antara mereka sebagai teman-teman(mu), sebelum mereka berpindah pada jalan Allah. Apabila mereka berpaling, maka tawanlah mereka dan bunuhlah mereka di mana pun mereka kamu temukan, dan janganlah kamu jadikan seorang pun di antara mereka sebagai teman setia dan penolong,

(QS. An-Nisa' ayat 89)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement