Jumat 20 Jan 2017 11:29 WIB

9 Cara Hidup Sejahtera Sampai Tua

Red: Indira Rezkisari
Manajemen keuangan dan investasi (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Manajemen keuangan dan investasi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tidak ingin hidup sejahtera sampai tua nanti. Sepertinya hampir semua orang menginginkan hal ini. namun untuk bisa mewujudkanya, ada beberapa hal yang mesti dilakukan. Kita tidak selalu bisa mengandalkan gaji, sekalipun gajinya besar. Jika tingkat konsumsi Anda sangat tinggi, maka gaji besar sekalipun tidak akan membuat diri sejahtera hingga hari tua.

Sebaliknya, walaupun uang pendapatan tidak terlalu besar, namun Anda mampu mengatur dan membuat posnya dengan baik, tidak mustahil juga bisa hidup sejahtera di masa tua nanti. Berikut ini ada 9 aturan yang wajib dipatuhi, jika ingin Sejahtera dalam keuangan hingga tua nanti.

Manfaatkan Fasilitas Kantor

Jika tempat bekerja, ternyata memberikan beberapa fasilitas untuk bekerja, maka bisa memanfaatkanya untuk sedikit berhemat. Fasilitas ini biasanya dalam bentuk pinjaman uang untuk membeli kendaraan. Selain itu, fasilitas kantor juga biasanya hadir dalam bentuk dana lainya yang bisa dimanfaatkan oleh karyawanya. Berhemat tentunya akan lebih maksimal.

Sisihkan Minimal 30 Persen Pendapatan

Sepertinya, menyisihkan uang adalah hal yang paling populer, dalam rangka merencanakan keuangan dengan baik. Jika sudah memahaminya, mulai untuk menyisihkan setidaknya 30 persen dari penghasilan. Nilai 30 persen bukanlah angka yang mutlak untuk tabungan, jika memang dirasa cukup berat untuk menyisihkan 30 persen, bisa mulai dengan 15 persen untuk tabungan. Namun, usahakan untuk tabungan presentasenya harus meningkat terus.

Membuat Dana Darurat

Walaupun saat ini kondisi keuangan sedang membaik, sebaiknya segera membuat dana darurat untuk berjaga-jaga. Dana darurat akan berguna dalam beberapa hal, seperti ketika kehilangan pekerjaan secara mendadak, menderita sakit keras atau mengalami musibah yang kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi. Disarankan, jumlah dana darurat ini sebesar 4 bulan pengeluaran.

Cobalah Berinvestasi Saham

Sepertinya belum banyak orang yang memanfaatkan investasi saham seperti ini. Pasalnya, sebagian besar dari mereka tidak ingin mengambil risiko untuk berinvestasi saham. Belum lama ini, Bursa Efek Indonesia menginformasikan mengenai layanan “Nabung Saham” yang mungkin bisa dicoba. Sistem kerjanya sama seperti menabung di bank. Anda akan memiliki saham dari emiten yang mempunyai prospek bagus untuk keuntungan yang maksimal.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement