Jumat 24 Mar 2017 16:38 WIB

Cara Sukses Berjualan di Situs Marketplace

Online marketplace.
Foto: Pexels
Online marketplace.

REPUBLIKA.CO.ID, Kemajuan teknologi saat ini semakin mendukung keberadaan toko daring. Anda yang ingin mencoba peruntukan pada bisnis daring juga sudah bisa mencoba jika Anda memiliki keberanian untuk memulai dan bersedia menanggung semua risiko yang kemungkinan terjadi pada masa yang akan datang. Anda yang berjiwa wirausaha akan dengan senang hati memanfaatkan situasi yang terjadi saat ini. Ini adalah kesempatan emas yang bisa diambil untuk memperbaiki keadaan finansial.

Anda yang berniat untuk segera ikut membuka toko daring pasti bingung harus membuka toko jenis apa. Apakah itu makanan, baju, dan sebagainya. Jika sudah ditemukan jawabannya, hal lainnya yang perlu dipikirkan adalah bagaimana cara membuka toko daring dan menjalankannya agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal seperti yang diharapkan.

Oke, membuka toko daring bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika Anda berniat untuk membuka toko daring dengan nama website tersendiri. Tentu ada biaya yang harus dikeluarkan. Salah satunya adalah biaya untuk mendapatkan domain. Cara lain untuk bisa berjualan online adalah dengan memanfaatkan fasilitas marketplace.

Marketplace adalah tempat berjualan daring yang ramainya bisa dikatakan seperti pasar. Ada beberapa situs marketplace yang terkenal diantaranya Lazada, Bukalapak, Jualo, Tokopedia, dan lain sebagainya. Beberapa situs marketplace yang disebutkan berbeda dengan situs e-commerce lainnya seperti OLX, Zalora, dan Blibli. Perbedaannya terletak pada cara kerjanya.

Ada banyak sekali kompetitor yang bersaing jika Anda ikut bergabung dalam situs marketplace. Namun bergabung dengan marketplace adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan.

Caranya adalah sebagai berikut:

Memilih Marketplace dengan Reputasi Baik

Sebelum memulai berjualan di marketplace, ada baiknya jika Anda mengetahui reputasi dari marketplace yang akan dipilih. Cara mengetahui apakah reputasi marketplace baik atau tidak adalah dengan melakukan survei latar belakang terlebih dahulu seperti mencari info pendirian marketplace, bagaimana sistem kerja yang digunakan, review atau testimoni dari pelanggan, dan sebagainya.

Jangan pernah memilih marketplace secara sembarangan karena hal ini akan merugikan Anda. informasi seputar reputasi marketplace bisa dicari melalui internet atau bisa langsung menghubungi costumer service dari marketplace yang bersangkutan.

Memilih Marketplace yang Ramai

Marketplace dengan reputasi baik sudah pasti memiliki pengunjung yang ramai. Tapi jangan asal pilih dulu, lakukan pengecekan juga terlebih dahulu tentang penilaian yang dilakukan konsumen terhadap sebuah merketplace. Pengecekan bisa dilakukan dengan melihat komentar atau review yang diberikan konsumen pada sebuah produk yang ia beli.

Jika jumlah pengunjung dari sebuah marketplace banyak, sudah dapat dipastikan jumlah pengunjung yang akan melihat toko daring Anda juga akan banyak. Dengan demikian keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak.

Tulis Deskripsi Produk dengan Jelas

Pada setiap produk yang dijual, alangkah baiknya jika Anda mencantumkan deskripsi mengenai barang yang dijual. Mulai dari ukuran, bahan, warna, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menyertakan foto dari produk yang dijual. Hal ini tentu saja akan menolong calon pembeli untuk bisa melihat bagaimana bentuk dari barang yang akan dibelinya. Walaupun ia tidak dapat melihat barang tersebut secara langsung, akan tetapi setidaknya ia sudah bisa membayangkan seperti apa bentuk dari produk yang akan dibelinya. Dengan mencantumkan deskripsi produk yang jelas, diharapkan akan semakin banyak pembeli yang berbelanja di toko daring Anda.

Berikan Kemudahan Transaksi

Seharusnya kita senang dengan kemajuan teknologi saat ini. Mengapa? Dengan adanya kemajuan teknologi, maka apa yang hendak dilakukan saat ini terasa sangat mudah untuk dilakukan. Seperti halnya berbelanja, sudah tersedia toko daring jadi Anda tidak perlu lagi untuk pergi langsung ke toko yang bersangkutan untuk membeli barang yang dibutuhkan. Selain itu, kemudahan dalam sistem pembayaran juga sudah tersedia pada beberapa situs marketplace.

Transaksi adalah hal yang penting dalam kegiatan jual beli. Tanpa adanya transaksi, semuanya akan terasa sia-sia dan Anda tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa. Saat bergabung pada situs marketplace, perhatikan apakah situs tersebut menyediakan fitur pembayaran yang mudah seperti Cash On Delivery (COD), internet banking, mobile banking, credit card, atau bahkan bisa melakukan pembayaran di indomaret. Untuk pembayaran menggunakan credit card atau debit card, pastikan informasi konsumen terjaga dengan aman. Jika marketplace mempunyai keduanya, maka tak heran jika banyak konsumen yang akan berkunjung pada situs marketplace tersebut.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement