Kamis 30 Mar 2017 16:02 WIB

Tips Keuangan untuk yang Masih Muda

Red: Indira Rezkisari
Waktu terbaik merencanakan keuangan adalah sejak semuda mungkin.
Foto: Pexels
Waktu terbaik merencanakan keuangan adalah sejak semuda mungkin.

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang usia 20-an merasa tidak tertarik untuk memiliki rencana keuangan. Padahal rencana keuangan adalah sesuatu yang teramat penting untuk dipikirkan agar kondisi finansial bisa aman untuk masa yang akan datang. Jika menganggap masa muda adalah masa untuk menghambur-hamburkan uang, maka Anda salah besar. Justru usia muda adalah usia yang sangat tepat untuk menabung dan mengelola keuangan.

Karena usia yang masih tergolong muda, kesempatan dan peluang untuk mendapatkan uang juga masih terbilang cukup panjang. Bayangkan jika saat ini Anda berusia 21 tahun dan sudah bekerja, maka Anda masih memiliki waktu 44 tahun lagi untuk menabung sebelum memasuki usia pensiun. Waktu yang sangat lama, bukan? Bandingkan jika Anda baru mulai menabung di usia 35 tahun, maka peluang besarnya tabungan akan semakin kecil.

Meskipun saat ini pekerjaan masih biasa saja, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengembangkan karier. Pintar-pintarlah untuk memilah dan mengambil kesempatan serta jangan takut untuk memulai hal-hal baru.

Untuk meningkatkan kualitas di masa depan, ada beberapa tips keuangan yang perlu diterapkan kaum muda dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya berikut.