Rabu 31 Jul 2019 16:06 WIB

Tip Mengatasi Galau Milih Pekerjaan

Ada kalanya tawaran pekerjaan bagus datang di saat bersamaan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Wanita wawancara melamar pekerjaan hrd interview job (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Wanita wawancara melamar pekerjaan hrd interview job (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencari pekerjaan impian di tengah persaingan yang semakin ketat tentu tidaklah mudah. Namun, ada kalanya pencari kerja yang beruntung atau mereka memiliki kemampuan dan pengalaman lebih dibanding pesaingnya mendapatkan lebih dari satu tawaran pekerjaan.

Ketika itu tawaran menarik datang bersamaan, tak perlu galau dan resah. Situs pencari lowongan pekerjaan, JobStreet.com, berbagi cara jitu untuk membantu para pencari kerja menentukan pilihan, melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (30/7).

Sesuai dengan passion

Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini, akankah saya menyukai pekerjaan ini? Apabila posisi yang ditawarkan mengharuskan banyak duduk di belakang meja sejak pagi, pekerjaan ini belum tentu akan cocok bagi orang yang lebih menyukai tipe pekerjaan yang dilakukan di luar kantor.

Jadi, pastikan tipe pekerjaan yang akan dilakukan adalah hal yang ingin dikerjakan untuk periode waktu yang panjang.  Ketika pekerjaan yang ditawarkan hanya akan membuat Anda cepat bosan, lebih baik pikirkan ulang untuk berkomitmen mengambil pekerjaan tersebut.

Jangan mudah tergiur saat pekerjaan tersebut menawarkan tunjangan yang oke. Ketika tidak enjoy dengan pekerjaan yang dilakukan, maka tunjangan tidak ada nilainya karena pekerjaan tersebut akan terasa berat dan sulit untuk dinikmati!

 

Tantangan

Adanya tantangan dipercaya dapat meningkatkan kecintaan pada pekerjaan. Mengapa?

Memastikan bahwa pekerjaan yang akan dilakukan mampu memberikan tantangan yang cukup dapat menjadikan seseorang yang andal di bidangnya. Tantangan akan menjadi pembelajaran untuk meningkatkan keahlian dalam bekerja.

Orang mungkin akan memiliki pertanyaan seperti, "Apakah saya bisa mengatasi tantangan ini? Seberapa sulit tantangan ini? Siapa yang bisa membantu saya untuk menyelesaikan masalah ini?". 

Pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki akan menjadi aset penting agar tantangan tersebut terselesaikan dengan baik. Ini akan menjadi momen pembuktian bahwa kemampuan Anda dapat digunakan secara optimal untuk menaklukkan tantangan tersebut. 

Jaringan yang luas

Tak kenal maka tak sayang merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. Jadikan pekerjaan yang akan dilakukan menjadi ajang untuk memperluas jaringan pertemanan dan profesional.

Sebuah proyek besar yang tidak mungkin bisa lakukan sendiri. Orang pasti akan meminta bantuan dari rekan–rekan lainnya. Sebuah acara pentas musik, misalnya, tidak lengkap tanpa keberadaan mitra media yang akan membantu untuk kegiatan publikasi.

Untuk menjadikan hal itu terjadi, orang tentu harus mencari media yang memiliki segmen yang sesuai dengan acara tersebut. Pertemuan dengan mitra media yang bisa membantu kelangsungan acara tersebut, bisa dijadikan kesempatan untuk memperluas wawasan lewat obrolan yang terjadi. Orang tidak pernah tahu bahwa mereka bisa menjadi teman baik saat proyek tersebut selesai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement