Selasa 13 Aug 2019 13:18 WIB

Beroperasi 2025, Ini Rute Stasiun MRT Bundaran HI-Kampung Bandan

MRT fase II Bundaran HI-Kota yang mulai dibangun dan bakal beroperasi pada 2025.

Rep: cermati/ Red:
Beroperasi 2025, Ini Rute Stasiun MRT Bundaran HI-Kampung Bandan
Beroperasi 2025, Ini Rute Stasiun MRT Bundaran HI-Kampung Bandan

Pool<a href= MRT lebak Bulus" />

Deretan MRT di Stasiun Lebak Bulus

Cermati.com – Setelah MRT fase I Lebak Bulus-Bundaran HI sudah bisa dinikmati masyarakat, kini dilanjutkan MRT fase II Bundaran HI-Kota yang mulai dibangun dan bakal beroperasi pada 2025.

Tahap demi tahap, pembangunan transportasi massal Moda Transportasi Terpadu (MRT/Mass Rapid Transit) Jakarta terus lakukan. Mulai dari MRT fase I koridor Lebak Bulus-Bundaran HI, MRT fase II Bundaran HI-Kota, MRT fase III Kalideres-Ujung Menteng, dan seterusnya sudah dipersiapkan.

Untuk MRT Koridor Bundaran HI-Kota sendiri yang menelan dana sebesar Rp22,5 triliun, memiliki panjang rel sekitar 8,3 kilometer.

 

MRT Bundaran HI-Kota Mulai Dibangun, Diperpanjang Hingga Ancol

MRT Jakarta Fase II

Penampakan stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia

MRT koridor Bundaran Hotel Indonesia-Kota ini mulai dibangun seiring adanya penandatanganan pakta integritas yang dilakukan PT MRT Jakarta pada Juni 2019 lalu.

Bahkan perkembangan hingga sekarang, rute jalur MRT fase dua ini tidak hanya sampai Stasiun Kota saja, namun diperpanjang hingga Stasiun MRT Kampung Bandan (Ancol).

Saat ini proses penyiapan lahan terus dilakukan, kemudian gardu listrik dan tender paket pembangunan konstruksi. Tapi pembangunan awal sudah dimulai di kawasan Monas.

“Pengerjaan fase II Bundaran HI-Kota (Ancol) kini masuk tahapan pengecoran di kawasan Monas,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, William P Sabandar, seperti dikutip dari Okezone.

Dilansir dari BeritaSatu, William menyampaikan, progres pembangunan proyek MRT fase II ini telah mencapai 21,24% per Juli 2019. Progres pengerjaan awal di sekitar Monumen Nasional (Monas), yakni:

  • Pembangunan dinding diafragma untuk gardu induk Monas
  • Penebangan pohon
  • Relokasi pohon
  • Penggalian
  • Pengecoran
  • Persiapan area kerja
  • Pemasangan rebar untuk guidewall

Total proyek MRT fase II Bundaran HI-Kota (Ancol) ini sebanyak 7 paket kontrak, yang terdiri dari:

  • Paket pembangunan gardu induk bawah tanah di Monas (CP200) dikerjakan PT Trocon Indah Perkasa
  • Paket pembangunan konstruksi dari Stasiun MRT Sarinah-Stasiun Monas (CP201)
  • Paket pembangunan konstruksi dari Stasiun MRT Harmoni-Stasiun Mangga Besar (CP202)
  • Paket pembangunan konstruksi dari Stasiun MRT Glodok-Stasiun Kota (CP203)
  • Paket pembangunan pekerjaan sistem railways (CP204)
  • Paket pembangunan sistem perkertaapian, signaling, dan telekomunikasi (CP205)
  • Paket pengadaan kereta MRT (CP206)

MRT Bundaran HI-Kampung Bancan Beroperasi pada 2025

MRT Jakarta

Ilustrasi pengguna MRT Jakarta

MRT fase I koridor Lebak Bulus-Bundaran HI dengan jalur kereta sepanjang 16 km (10 km jalur layang dan 6 km jalur bawah tanah) dimulai pada 10 Oktober 2013. Butuh waktu sekitar 6 tahun untuk pembangunannya, dan mulai beroperasi pada Maret 2019.

Buat MRT fase II koridor Bundaran HI-Kampung Bandan (Ancol), saat ini sudah dimulai pembangunannya. Targetnya, butuh waktu 5 tahun untuk pengerjaannya dengan panjang rel kereta sekitar 14,6 km.

Artinya, pembangunan MRT fase II ini targetkan selesai pada 2024. Dan harapannya bisa beroperasi pada 2025.

Baca Juga: Hore! Jakarta Punya MRT, Ini Tarif dan Cara Membeli Tiketnya

Daftar Rute Stasiun MRT Bundaran HI-Kampung Bandan

Pintu Masuk MRT Bundaran HI

Pintu masuk stasiun MRT Bundaran HI

Dari laman resmi PT Moda Transportasi Terpadu (MRT/Perseroda) di Jakartamrt, menunjukkan rute MRT fase II masih dari jalur peta lama, yakni Bundaran HI-Kota, belum hingga rencana Stasiun MRT Kampung Bandan, Ancol.

Rute Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan adalah:

  • Stasiun MRT Bundaran HI
  • Stasiun MRT Sarinah
  • Stasiun MRT Harmoni
  • Stasiun MRT Sawah Besar
  • Stasiun MRT Mangga Besar
  • Stasiun MRT Glodok
  • Stasiun MRT Kota
  • Stasiun MRT Kampung Bandan (Ancol)

Baca Juga: LRT Jakarta: Rute, Tarif dan Cara Membeli Tiketnya

MRT Fase III Kalideres-Ujung Menteng Mulai Dibangun 2020

Peta Jalur MRT Jabodetabek Masa Depan

Hingga sekarang ini pembangunan MRT fase III rute Kalideres-Ujung Menteng sepanjang 31,7 km sedang dipersiapkan. Rencananya, jalur MRT Kalideres-Ujung Menteng ini mulai dibangun pertengahan 2020.

Koridor Kalideres-Ujung Menteng sebanyak 22 stasiun MRT, yang terbagi menjadi 2 stage, ini daftar stasiun MRT Kalideres-Ujung Menteng:

Daftar Stasiun MRT Kalideres-Ujung Menteng stage I sepanjang 20,1 km:

  • Stasiun MRT Kalideres
  • Stasiun MRT Kembangan II
  • Stasiun MRT Kembangan I
  • Stasiun MRT Pesing
  • Stasiun MRT Grogol
  • Stasiun MRT Roxy
  • Stasiun MRT Tanah Abang
  • Stasiun MRT Sarinah
  • Stasiun MRT Kebon Sirih
  • Stasiun MRT Kwitang
  • Stasiun MRT Senen
  • Stasiun MRT Galur

Daftar Stasiun MRT Kalideres-Ujung Menteng stage II sepanjang 11,6 km:

  • Stasiun MRT Cempaka Baru
  • Stasiun MRT Sumur Batu
  • Stasiun MRT Kelapa Gading Barat
  • Stasiun MRT Kelapa Gading Timur
  • Stasiun MRT Perintis
  • Stasiun MRT Pulo Gadung
  • Stasiun MRT Penggilingan
  • Stasiun MRT Cakung Barat
  • Stasiun MRT Pulo Gebang
  • Stasiun MRT Ujung Menteng

MRT Fase III Koridor Kalideres-Ujung Menteng ini menelan biaya sebesar Rp53 triliun. Pembangunan rel terdiri dari Stasiun MRT Kalideres-Grogol berupa rel layang, Stasiun Roxy-Cempaka Baru menggunakan rel bawah tanah, Cempaka Baru-Ujung Menteng berupa rel layang.

Baca Juga: Bayar Sekali Bisa Naik LRT Lanjut ke Busway dan MRT, Begini Caranya!

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement