Jumat 01 Jul 2016 15:14 WIB

Liburan ke Laskar Pelangi? Ini 10 Destinasi Keren di Belitung

Red: Dwi Murdaningsih
Wisatawan menikmati keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kamis (10/3).   (Republika/Raisan Al Farisi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Wisatawan menikmati keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kamis (10/3). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG – Pernah ke Belitung? Pulau indah di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang sering dijuluki dengan istilah Laskar Pelangi itu? Dari Bandara Soekarno Hatta, terbang tidak lebih dari 40 menit saja, itu berarti jaraknya tidak lebih dari 350 kilometer. “Belitung itu tidak jauh dari Jakarta! Silakan mengeksplorasi di saat liburan Lebaran 2016 ini,” kata Menpar Arief Yahya.

Arief Yahya memang sudah berkali-kali ke Belitung. Terakhir, saat GMT atau Gerhana Matahari Total. Kini, Belitung menjadi satu diantara 10 top destinasi prioritas yang tengah dibangun 3A, atraksi, akses dan amenitasnya. Ada 10 lokasi yang layak Anda kunjungi di #PesonaLebaranBelitung #PesonaKulinerBelitung #PesonaIndonesia, #WonderfulIndonesia. Berikut ke-10 destinasi itu:

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai terkenal di Belitung yang digunakan sebagai salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Berpasir putih, air laut jernih, dan batu granit super besar adalah ciri khas dari pantai ini.

Ombak di Pantai Tanjung Tinggi relatif tenang sehingga Anda bisa berenang tanpa harus takut terbawa ombak. Di tepi pantai, terdapat warung-warung yang menjajakan seafood untuk memuaskan rasa lapar Anda setelah puas bermain air.

Pantai Tanjung Kelayang

Terletak di sebelah utara Pulau Belitung, Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai kedua yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi. Yang khas dari pantai ini adalah Batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Pantai Tanjung Kelayang terdiri dari dua bagian, sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih nan cantik. Anda bisa menyelam, berenang, berjemur, memancing, dan malakukan beragam atraksi air lainnya di pantai ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement