Ahad 24 Feb 2019 05:23 WIB

Raja Ampat Miliki Tiga Jenis Biawak Endemik

Tiga jenis biawak digemari wisatawan pencinta reptil.

Red: Ani Nursalikah
   Pesona keindahan alam di Raja Ampat.
Foto: Republika/Teguh Firmansyah
Pesona keindahan alam di Raja Ampat.

REPUBLIKA.CO.ID, WAISAI -- Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mempunyai tiga jenis biawak endemik. Koordinator Keanegaragaman Hayati dan Pengembangan Masyarakat Fauna dan Flora International-Indonesia Programme (FFI-IP) Raja Ampat, Maurits Kafiar, Sabtu (23/2), mengatakan tiga jenis biawak itu yang tidak ada di daerah lain di Indonesia, bahkan di dunia.

Dia mengatakan, tiga jenis biawak endemik Raja Ampat adalah biawak asal pulau Batanta (Varanus macraei), biawak asal Pulau Misool (Varanus reisingeri), dan biawak asal pulau Waigeo (Varanus boehmei).

Ia mengungkapkan tiga jenis biawak endemik Kabupaten Raja Ampat tersebut sangat menarik dan digemari wisatawan pencinta reptil untuk difoto. Namun, tiga jenis biawak endemik tersebut juga menjadi sasaran perburuan masyarakat untuk dijual kepada pembeli reptil di Kota Sorong.

"FFI Programme Raja Ampat berharap masyarakat setempat melindungi biawak endemik Indonesia yang hanya ada di Kabupaten Raja Ampat agar tidak punah di kemudian hari," ujar Maurits.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement