Jumat 12 Apr 2019 15:02 WIB

Kepri Bidik Wisman Milenial Lewat Olahraga dan Wisata Alam

Wisatawan milenial menyukai atraksi wisata spesifik seperti olahraga dan wisata alam

Red: Christiyaningsih
Turis milenial (Ilustrasi)
Foto: marketingtochina
Turis milenial (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membidik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari golongan milenial. Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar mengatakan kalangan milenial merupakan pasar besar. Kalangan milenial memiliki karakteristik yang spesifik sehingga bisa ditawarkan dengan atraksi pariwisata yang juga spesifik seperti olahraga dan wisata alam.

"Mereka suka yang ekstrem. Olahraga juga, sesuai dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Kepri seperti triathlon, pentatron, yang membuat stamina lebih bagus," kata dia pada Jumat (12/4).

Baca Juga

Dari seluruh wisman yang berkunjung ke Indonesia, sebanyak 40 persen di antaranya adalah milenial atau generasi Y. "Sebanyak 40 persennya adalah milenial. Makanya anak-anak milenial kita gaet datang ke sini," imbuhnya. Tahun ini Kepri menargetkan empat juta kunjungan pelancong asing.

Selain itu, kalangan milenial juga menyukai wisata alam secara berkelompok. Setiap bulan, selalu ada kelompok milenial yang mengunjungi kawasan wisata alam Telunas di Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata juga mendorong swasta menyelenggarakan berbagai atraksi untuk menggaet kunjungan wisman dari generasi Y.

Menurut dia, olahraga daring (e-sports) yang kini tengah tren bisa diangkat menjadi daya tarik tersendiri. "Contohnya turnamen PUBG. Agenda seperti ini bisa diperbanyak dan dibuat dengan skala lebih luas, ke internasional," kata Ardi.

Agen dan tur didorong membuat paket kunjungan dengan kegiatan turnamen PUBG, sehingga menjadi menarik. Selain itu, pemerintah juga terus membangun destinasi wisata yang Instagramable untuk menarik perhatian kalangan milenial berkunjung ke Batam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement