Selasa 23 Jul 2019 00:07 WIB

Asbak Berukuran Besar Ditempatkan di Pantai Sanur

Perokok sering membuang puntung rokok sembarangan di Pantai Sanur, Bali.

Red: Andri Saubani
Seorang pecalang menjaga objek wisata Pantai Sanur, Bali, pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1934, Jumat (23/3).
Foto: Antara
Seorang pecalang menjaga objek wisata Pantai Sanur, Bali, pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1934, Jumat (23/3).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sebanyak lima dari rencana total 10 titik tempat merokok yang dilengkapi dengan asbak berukuran besar, ditempatkan di sepanjang Pantai Sanur, Denpasar, Bali. Langkah ini sebagai salah satu upaya untuk mengurangi sampah puntung rokok dan dampak negatif rokok bagi kesehatan.

"Perokok tidak hanya sering mengumbar asap di ruang publik, tapi juga sering membuang puntung rokok di sembarang tempat. Seperti banyak ditemui di kawasan-kawasan wisata di Bali, termasuk pantai," ujar Pendiri Komunitas Malu Dong, Komang Bemo Sudiarta di Denpasar, Senin (22/7).

Ia mengatakan, saat melakukan kegiatan bersih pantai beberapa waktu lalu, anggota komunitasnya mengumpulkan sampah puntung rokok dalam jumlah yang besar. Atas dasar itu, Komunitas Malu Dong berkomitmen dan menginisiasi gerakan sosial bertajuk #KurangiRisiko yang salah satunya dengan membuat asbak besar di beberapa pantai yang ramai dikunjungi wisatawan.

"Saat ini titik merokok ini sudah terpasang di kawasan di Pantai Mertasari, Sindhu, Segara, Biaung dan kawasan Padanggalak," katanya.