Rabu 11 May 2022 11:16 WIB

Ide Tempat Menarik di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Waisak

Anda bisa mengeksplorasi beberapa tempat yang mungkin belum sempat didatangi.

Red: Qommarria Rostanti
Lima ide tempat menarik yang bisa dikunjungi saat libur Waisak, salah satunya Tebet Eco Park. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Lima ide tempat menarik yang bisa dikunjungi saat libur Waisak, salah satunya Tebet Eco Park. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Libur panjang pada akhir pekan setelah Lebaran akan segera tiba. Hari Senin depan bertepatan dengan Hari Raya Waisak.

Anda yang sudah pulang dari kampung halaman dan kembali disibukkan dengan aktivitas di ibu kota bisa mengeksplorasi beberapa tempat yang mungkin belum sempat dijamah selama ini. Simak lima rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi saat libur Waisak di bawah ini:

Baca Juga

1. Museum Layang Layang Indonesia

photo
Museum Layang-Layang Indonesia. - (Antara/Sigid Kurniawan)

 

Siapa yang tak kenal dengan permainan layang layang? Di museum Layang Layang Indonesia, pengunjung tak hanya bisa melihat aneka layangan, tetapi mengikuti lokakarya pembuatan layang-layang. Tapi bukan cuma layang-layang yang ada di sini.

Dikutip dari akun Instagram resmi, museum layang-layang punya ruang temu komunitas yang diisi kegiatan menarik seperti membatik, tari Jawa, gamelan Jawa dan melukis payung. Museum di Jakarta Selatan ini juga rutin mengadakan kelas yoga dan meditasi.

2. Pos Bloc

photo
Pos Bloc. - (ANTARA/Muhammad Adimaja/aww.)

 

Kantor pos pertama di Jakarta kini disulap menjadi tempat nongkrong baru bernama Pos Bloc. Tempat yang berlokasi di Pasar Baru ini menyediakan berbagai restoran, kafe dan toko-toko menarik untuk dikunjungi. Ketika memasuki Pos Bloc, Anda bisa duduk-duduk di tangga berundak yang berada di tengah ruangan besar.

Penyuka camilan dapat berburu jajanan di toko yang menyuguhkan aneka camilan jenama lokal, toko suvenir menggemaskan, ada pula toko gelato, kafe yang menjual roti serta kopi dengan pilihan tempat duduk di luar ruangan, restoran yang menjual makanan khas Meksiko, hingga restoran makanan Indonesia. Berbagai sudut Pos Bloc juga menawarkan pemandangan menarik yang patut diabadikan untuk diunggah di media sosial.

3. Setu Babakan

photo
Setu Babakan. Republika/Putra M. Akbar - (Republika/Putra M. Akbar)

 

Mari mengenal lebih dekat budaya Betawi di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Dikutip dari laman resmi, pengunjung bisa menikmati wisata budaya seperti pertunjukan musik, tari dan teater, berlatih silat, melihat atraksi dan prosesi budaya hingga menikmati makanan, minuman dan camilan khas Betawi seperti kerak telor, bir pletok, ikan pecak hingga nasi ulam.

Tak perlu repot menunggu perayaan Pekan Raya Jakarta atau jauh-jauh mencari makanan khas Betawi di sini. Selain mengenyangkan perut dan menambah wawasan, pengunjung juga bisa menikmati wisata air lewat fasilitas seperti sepeda air dan olahraga kano. Bahkan pengunjung bisa ikut memancing di Setu Babakan. Setu Babakan juga punya Pustaka Betawi yang ada di Lobby Museum Betawi berisi buku-buku menarik seputar Betawi.

4. Sarinah

photo
Gedung Sarinah. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

 

Setelah direnovasi pada 2020, pusat perbelanjaan Sarinah di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat kembali beroperasi tahun ini. Pada libur lebaran, Sarinah ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin berwisata sambil berbelanja. Menjelang libur akhir pekan, Anda yang belum sempat melihat wajah baru Sarinah bisa menambah tempat ini ke daftar tempat yang wajib dikunjungi.Sarinah adalah tempat yang ramah untuk pengguna transportasi umum, sehingga Anda bisa mengaksesnya secara mudah bila menaiki Transjakarta.

Begitu memasuki Sarinah, pengunjung akan disambut dengan pameran foto yang menunjukkan perjalanan pusat perbelanjaan bersejarah sejak awal hingga saat ini.Sarinah adalah tempat yang tepat untuk mencari oleh-oleh khas Indonesia karena ada tempat yang khusus menjual busana, pernak pernik, suvenir tradisional, kerajinan rotan dan bambu, hingga camilan khas dari jenama lokal. Berbagai gerai kue, makanan dan minuman sudah mulai dibuka di pusat perbelanjaan ini, termasuk toko kue tradisional yang banyak dibicarakan di media sosial.

5. Tebet Eco Park

photo
Tebet Eco Park. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

 

Taman kota Tebet Eco Park jadi angin segar untuk warga Jakarta yang ingin menikmati hijaunya Jakarta. Taman ini punya luas 7 hektare dan jadi tempat berpiknik para pengunjung ketika libur lebaran. Keluarga dengan anak-anak bisa membawa buah hatinya karena tersedia arena bermain.

Ini adalah taman revitalisasi dari Taman Tebet yang baru diresmikan pada 23 April 2022. Spot foto yang layak instagram juga menjadi daya tarik dari taman ini. Taman yang bisa diakses menggunakan kendaraan umum ini bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan biaya, namun para pengunjung diingatkan untuk tetap menjaga kebersihan selama berada di dalam taman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement