Jumat 13 Jul 2012 10:07 WIB

Keluarga Kerajaan Qatar Akuisisi Rumah Mode Valentino

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Valentino Garavani
Valentino Garavani

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA-- Rumah mode iconic Italia Valentino dikejutkan oleh akuisisi yang dilakukan oleh keluarga kerajaan Qatar terhadap rumah mode tersebut. Pembelian ini menandai salah satu pembelian paling menonjol dari merek desainer top Eropa oleh investor dari pasar berkembang.

Valentino mengatakan, Mayhoola Investasi SPC yang didukung oleh investor Qatar, telah mengakuisisi kepemilikan penuh Valentino Fahsion Gruop SpA. Valentino tak mengungkapkan rincian mengenai berapa jumlah dana yang dikeluarkan untuk mengakuisisi rumah mode tersebut. Ia juga tak merinci nama investor yang ada dibalik pembelian.

Namun menurut sumber terdekat, Valentino mendapat 700 juta euro dari kesepakatan tersebut. Serta sumber mengatakan, keluarga kerajaan Qatar berada di balik pembelian rumah mode tersebut.

Kepala Eksekutif Valentino Stefano Sassi mengatakan kegembiraannya atas akuisisi ini. Ia berharap upaya ini dapat mendorong kenaikan pendapatan Valentino Fashion Group.

"Upaya ini harus mendorong kenaikan pendapatan sebesar 60 persen dalam kurun waktu 2009-2012. Pemegang saham baru kami akan membantu mencapai potensi penuh kami," ujar Sassi.

Didirikan oleh desainer Valentino Garavani (80 tahun), merek high-end Italia ini tenar berkat gaun merah sifonnya. Gaun tersebut banyak dicintai oleh para putri dan juga bintang Hollywood.

Pembelian merek mewah Italia oleh investor asing sekaligus menandai melemahnya ketahanan sektor ini di Italia. Bahkan diduga Italia tenggelam ke dalam resesi mendalam beberapa waktu terakhir

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement