Jumat 19 Dec 2014 14:01 WIB

Bisnis Gaya Hidup Kian Marak Seiring Pertumbuhan Kelas Menengah

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Indira Rezkisari
Salah satu ruang pamer dalam gerai IKEA Alam Sutera.
Foto: dok IKEA
Salah satu ruang pamer dalam gerai IKEA Alam Sutera.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kebutuhan gaya hidup telah menjadi bagian yang tidak dipisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik, berpengaruh terhadap daya beli masyarakat untuk memenuhi tren gaya hidup dalam kesehariannya.

Makin banyak brand gaya hidup dari luar negeri yang kini dengan mudahnya ditemukan di pusat perbelanjaan atau bahkan mendirikan gedungnya sendiri di Tanah Air.

Public Relations IKEA Indonesia, Ririn Basuki mengatakan, salah satu alasan IKEA membuka cabang di Indonesia yakni dilatarbelakangi oleh perekonomian yang semakin membaik. Selain itu, jumlah kelas menengah masyarakat Indonesia juga semakin meningkat dalam waktu sepuluh tahun terakhir, sehingga daya beli untuk pemenuhan kebutuhan menjadi lebih baik.

“Masyarakat Indonesia saat ini sudah mulai peduli terhadap perkembangan tren yang terjadi di dunia,” ujar Ririn, kemarin (18/12).