Ahad 12 Apr 2015 10:01 WIB

Perindah Taman, Sejumlah Komunitas Ramaikan Gerakan 'Act for Goodness'

Sejumlah komunitas turut serta dalam kegiatan
Foto: Republika/Hazliansyah
Sejumlah komunitas turut serta dalam kegiatan "Act for Goodness". Kegiatan ini merupakan usaha menjadikan taman lebih baik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman sebagai ruang terbuka hijau memiliki banyak fungsi. Tidak hanya menjadi sumber produksi oksigen, namun juga ruang bagi masyarakat untuk berinteraksi dan berkegiatan.

Berangkat dari hal tersebut sejumlah komunitas turut ambil bagian dalam gerakan "Act for Goodness". Mereka melakukan restorasi dengan cara melakukan pengecatan ulang seluruh bagian taman. Gerakan ini dimotori oleh Mowilex dan juga Indika FM.

Pada Sabtu (11/4) pagi kemarin, aksi tersebut dilangsungkan di Taman Kerinci, Mayestik, Jakarta. Turut terlibat dalam kegiatan itu komunitas dari Freeletics Jakarta, Perkumpulan Lansia serta masyarakat sekitar. 

Menggunakan kuas serta rol dan wadah cat, mereka bersama-sama menjadikan taman yang pernah mendapat juara 3 taman terbaik se-DKI Jakarta ini menjadi lebih berwarna. 

Handriono Prasetyo selaku founder dari komunitas Freeletics Jakarta mengaku bangga bisa turut serta dalam kegiatan ini. Pasalnya ia bersama sekitar 300 anggota komunitasnya menggunakan taman ini untuk melakukan kegiatan olahraga setiap pagi di akhir pekan. 

"Tentunya menarik, karena setiap Sabtu kita latihan disini. Anggota kami jadi punya sense of belonging yang tinggi dengan taman ini," kata dia. 

Dengan kondisi taman yang akan lebih baik nantinya, tentu membuat kegiatan olahraga mereka semakin nyaman. 

"Kita sangat senang dengan taman ini, karena kita memang butuh ruang terbuka hijau dengan pohon-pohonya yang rindang. Karena akan memudahkan kami untuk recovery setelah berolahraga," ujar pria yang akrab disapa Opas ini. 

Hal senada diutarakan Ibu Ani (70 tahun) sebagai perwakilan dari kelompok olahraga lansia. Mereka dengan senang hati turut serta dalam kegiatan ini karena akan membuat taman yang juga jadi tempat mereka berolahraga tiga kali setiap pekannya menjadi lebih indah. 

Sementara Ari Krismono selalu Head of Marketing PT Mowilex Indonesia mengatakan, kampanye ini telah dimulai sejak tahun 2014 lalu, dan telah melakukan restorasi terhadap lima taman yang tersebar di Jakarta.

Dengan kegiatan ini pihaknya ingin memberikan satu contoh gerakan nyata yang diharapkan dapat memberi inspirasi terhadap masyarakat agar dapat berjuang untuk mencapai yang terbaik. 

"Dan kenapa taman, karena ini adalah area publik yang dapat dinikmati banyak orang, sekaligus kami ingin merasa dekat dengan masyarakat," kata dia. 

Ke depanya, lanjut Ari, gerakan ini akan terus digulirkan ke sejumlah daerah di Indonesia. 

"Tahun ini kita rencana ada lima taman lagi yang bersama-sama komunitas lain akan kita perbaiki. Kita coba komunikasikan ke masyarakat agar bisa menjadi efek bola salju yang baik," kata Ari. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement