Kamis 16 Apr 2015 01:35 WIB

Diskusi Forum Tingkatkan Penjualan Produk Online

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Online shop (ILustrasi)
Foto: News
Online shop (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Komunikasi dari mulut ke mulut memiliki dampak signifikan terhadap penjualan produk.

Namun, penelitian terbaru yang diterbitkan di  Journal of Marketing menunjukkan platform tambahan, seperti diskusi di blog, forum, dan situs jejaring sosial akan memberikan gambaran lebih banyak tentang faktor-faktor apa saja yang bisa memengaruhi tingkat penjualan produk yang diiklankan seseorang secara online.

Para penulis yang terdiri dari Ya You (College of Charleston), Gautham G. Vadakkepatt (George Mason University), dan Amit M. Joshi (University of Central Florida) melakukan pencarian komprehensif.

Hasilnya, ada sejumlah faktor, seperti jenis produk, jenis industri, dan jenis forum online dimana produk itu sedang dibahas. Dalam diskusi online tersebut, konsumen kebanyakan menilai tinjauan independe tentang si penjual produk merupakan faktor penting.

"Yang penting, informasi lengkap yang sering dibicarakan oleh peserta diskusi online itu memiliki dampak besar pada efektivitas penjualan sebuah produk secara online," kata Ya Yu, dilansir dari Science Daily, Rabu (15/4).

Diskusi online meningkatkan penjalan produk-produk baru. Diskusi forum ini lebih kredibel ketimbang iklan cetak dan elektronik, serta pembicaraan dari mulut ke mulut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement