Kamis 12 Nov 2015 06:59 WIB

Karya Pemenang Kompetisi Menggambar IKEA Bakal Dijadikan Mainan

Rep: C19/ Red: Winda Destiana Putri
Toko IKEA di Prancis.
Foto: AP
Toko IKEA di Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- IKEA mengajak anak-anak Indonesia menggambar boneka impian dalam sebuah ajang kompetisi global “IKEA Soft Toy Drawing Competition 2015”.

Kompetisi menggambar ini juga berlangsung serentak di seluruh dunia dari mulai 8 sampai 22 November 2015.

Masing-masing negara yang berpartisipasi harus bersaing agar menjadi salah satu dari 10 pemenang. Di mana karya pemenang tersebut, nantinya akan diproduksi IKEA dalam bentuk soft toys atau mainan dan dijual di toko IKEA.

“IKEA selalu menempatkan anak-anak sebagai bagian terpenting dari sebuah keluarga, oleh karena itu kami mengundang anak-anak untuk mengekspresikan boneka impiannya dengan cara menggambar," jelas Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA Indonesia.

Kompetisi menggambar boneka ini memiliki arti khusus, di mana anak-anak berpartisipasi secara nyata melalui karya gambar, yang kemudian dinikmati oleh anak-anak lain di seluruh dunia. Dari hasil penjualan boneka tersebut, sebagian disisihkan untuk membantu sesama anak-anak dalam hal pendidikan di belahan lain di bumi oleh IKEA Foundation.

"Jadi, anak-anak berkesempatan membantu anak lain yang kurang beruntung dengan cara yang menyenangkan,” lanjut Eliza Fazia.

Toko IKEA di Indonesia akan turut menyelenggarakan “IKEA Soft Toy Drawing Competition 2015”. Sebanyak 40 semi finalis dan diposting di laman Facebook IKEA, di mana masyarakat dapat memilih gambar favoritnya. Lalu, Panel Juri IKEA akan memilih 20 gambar terbaik berdasarkan penilaian juri serta mempertimbangkan hasil voting. IKEA Indonesia akan memajang 20 gambar yang terseleksi untuk mengikuti proses seleksi 10 terbaik tingkat dunia di Swedia. Ke-10 pemenang tingkat dunia akan diumumkan pada bulan Februari 2016.

Eliza menambahkan, untuk berpartisipasi, anak-anak yang didampingi orang tuanya cukup datang ke Toko IKEA Alam Sutera dan mendaftar langsung untuk mendapatkan peralatan dan kertas menggambar khusus.  Anak-anak diharuskan menggambar di area yang telah disediakan, dan hasil kreasi ini kemudian diserahkan kembali hari itu juga di tempat pendaftaran.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kampanye Soft Toys untuk Pendidikan yang dilaksanakan setiap tahunnya dari bulan November hingga Januari. IKEA Foundation bekerjasama dengan UNICEF dan Save The Children mendukung pendidikan anak-anak yang kurang beruntung di berbagai wilayah di dunia.  Tahun ini merupakan tahun ke-13 penyelenggaraan Kampanye Soft Toys Untuk Pendidikan.

Untuk setiap pembelian soft toy, baik yang didesain oleh anak-anak maupun soft toy lainnya, selama periode November 2015 sampai Januari 2016, IKEA Foundation akan mendonasikan 1 Euro untuk pendidikan bagi anak-anak. Selama lebih dari 12 tahun, Kampanye Soft Toys untuk Pendidikan telah berhasil mengumpulkan dana senilai 77 juta Euro, menjangkau lebih dari 11 juta anak-anak melalui 99 proyek di 46 negara.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement