REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mal online pertama dan terbesar di Indonesia Blibli.com dan KidZania mengenalkan Establishment Blibli.com Online Mall KidZania sebagai bentuk edukasi dan pembelajaran profesi di dunia e-commerce kepada anak-anak.
"Anak-anak masa kini merupakan generasi Z yang lahir dan dibesarkan di era serba digital dan beragam teknologi canggih. E-commerce merupakan bagian dari kemajuan teknologi digital sehingga melalui KidZania sebagai pusat rekreasi berkonsep edutainment menjadi sarana yang tepat untuk memperkenalkan dunia e-commerce dan tentunya termasuk profesi yang berperan di dalamnya," kata Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com, Kusumo Martanto dalam siaran press yang diterima Republika.co.id, Kamis (4/2).
Kusumo berkata, generasi Z yang sejak kecil telah mengenal berbagai macam gadget, secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi karakteristik mereka menjadi mandiri, cerdas dan penuh imajinasi (ingenuity), serta entrepreneurialism.
Belanja online pun bisa dibilang sudah menjadi gaya hidup masa kini yang praktis dan solutif bagi masyarakat. Sehingga, tidak perlu menghabiskan waktu untuk antri dan terkena macet.
"Belanja online itu efisien dan hemat waktu, kualitas kebersamaan bersama keluarga jadi lebih banyak dan berkualitas, sekaligus menjawab pemenuhan kebutuhan belanja yang mudah," ujar Kusumo.
Tren industri online, lanjut Kusumo, telah melekat bagi masyarakat modern, menciptakan berbagai profesi baru yang menjadi populer dan banyak diminati, salahs atunya adalah E-commerce.
Chief Marketing Officer KidZania Jakarta Faisal Reza mengatakan, kehadiran Establishment Blibli.com Online Mall KidZania Jakarta ini bermanfaat membantu mengenalkan dunia transaksi online atau e-commerce dan berbagai kegiatan yang dilakukan pada sistem belanja online kepada anak - anak.
"Dengan bermain di establishment ini anak-anak memperoleh pengetahuan seputar dunia e-commerce, juga saat bekerja sebagaimerchant, picker & packer dan logistic mereka juga akan memperoleh gaji sebesar 10 Kidzos," ujarnya.
Melalui Establishment Blibli.com Online Mall KidZania, memberikan kesempatan bagi pengunjung anak-anak berusia 4-16 tahun untuk memperoleh gambaran tentang sistem e-commerce dalam bentuk simulasi alur transaksi barang-barang secara online.
Selain itu diarea seluas 27,12 m2 ini, anak-anak mencoba pengalaman menjalani peran profesi di dunia e-commerce sebagai Customer, Merchant, Picker, Packer dan Logistic.
Seorang Customer menjalani simulasi belanja online,sementara menjadi Merchant sebagai penjual produk yang bertugas mengupload gambar produk di situs belanja online Blibli.com.
Sementara Picker & Packer bertugas mengambil barang yang sudah dipesan oleh Customer sesuai dengan daftar pesanan, mengecek pesanan dengan barcode scanner, selanjutnya membawa pesanan ke area pengepakan untuk dikemas dengan rapi. Setelah barang pesanan dikemas, Logistic bertugas untuk mengantarkan barang pesanan ketempat tujuan sesuai alamat yang diberikan oleh Customer.
Untuk mencoba wahana baru dari Establishment Blibli.com Online Mall KidZania Jakarta ini, para orang tua bisa mengajak buah hatinya untuk datang ke Kidzania Jakarta, dan dalam waktu dekat tiketnya dapat dibeli secara online di Blibli.com.