Rabu 13 Apr 2016 07:28 WIB

'Descendants of the Sun' Buka Pintu Hubungan Korea-Cina

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Aktris Song Hye-kyo dalam penggalan drama Korea yang sedang populer Descendants of the Sun.
Foto: AFP
Aktris Song Hye-kyo dalam penggalan drama Korea yang sedang populer Descendants of the Sun.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Hebohnya serial drama "Descendants of the Sun" ternyata terjadi pula di berbagai daerah Asia lainnya, seperti Cina. Bahkan drama ini menghasilkan dampak positif kepada hubungan negara Korea Selatan dengan Cina.

Serial yang diperankan oleh Song Joong-ki dan Song Hye-kyo meningkatkan potensi pariwisata dengan menarik banyak wisatawan Cina. Di samping itu, penjualan produk Korea di Cina pun meningkat, hingga kerja sama antara kedua negara ini dalam bidang hiburan juga bertambah baik.

Perusahaan Cina semakin berinvestasi di perusahaan-perusahaan Korea sebagai cara untuk meningkatkan industri jasa dan beralih ke ekonomi yang dipimpin oleh permintaan domestik. Contoh saja China Zhejiang Huace Film & TV membeli saham di produsen drama Korea  Next Entertainment World tahun 2014.

"Kolaborasi antara kedua negara sejauh ini bekerja di sektor jasa, terutama karena Cina dan Korea memiliki kesamaan budaya. Namun, jika ini terus berlanjut dan perusahaan Cina memperoleh keterampilan untuk secara sepihak menghasilkan drama dan film, akan ada sedikit ruang untuk perusahaan Korea di [dalam] pasar Cina," ujar peneliti Institute for International Trade in Seoul Lee Eun-mi.

Dikutip dari The Malay Mail Online, Rabu (13/4), Presiden Koorea Selatan Park Geun-hye mengaatkan, jika drama "Descendants of the Sun" memang memiliki dampak positif pada ekspor, seperti kosmetik, barang mode, dan makanan. Ini menunjukkan dengan jelas jika konten kebudayaan sangat bisa bermanfaat bagi ekonomi sebuah negara.

Ekspor kosmetik Korea naik hingga 22 persen dari awal tahun hingga Maret, padahal secara keseluruhan ekspor Korea Selatan sedang menurun 13 persen. Naiknya ekspor kosmetik disebabkan popularitas film, musik, dan program TV yang mengarah untuk membeli kosmetik Korea Selatan.

Kenaikan ini berpontensi akan terus bertambah, terlebih lagi  kontrak "The Descendants of the Sun" dengan 32 negara, diantaranya Cina, Jepang, Jerman, dan Selandia Baru yang akan dimulai. Di samping itu, pembelian hak siar oleh stasiun TV dan website video streaming yang akan menghasilkan pundi-pundi lainnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ قُلْ تَعَالَوْا اَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ اَلَّا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًاۚ وَلَا تَقْتُلُوْٓا اَوْلَادَكُمْ مِّنْ اِمْلَاقٍۗ نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَاِيَّاهُمْ ۚوَلَا تَقْرَبُوا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَۚ وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالْحَقِّۗ ذٰلِكُمْ وَصّٰىكُمْ بِهٖ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu. Jangan mempersekutukan-Nya dengan apa pun, berbuat baik kepada ibu bapak, janganlah membunuh anak-anakmu karena miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; janganlah kamu mendekati perbuatan yang keji, baik yang terlihat ataupun yang tersembunyi, janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan alasan yang benar. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu agar kamu mengerti.

(QS. Al-An'am ayat 151)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement