Jumat 10 Jun 2016 14:44 WIB

Adidas Buat Sepatu dari Sampah Laut

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Adidas X Parley
Foto: ist
Adidas X Parley

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka Hari Laut Dunia, Adidas dan Parley for the Oceans meluncurkan edisi terbatas sepatu lari ikonik yang dipersembahkan pada acara Parley Talks ‘Oceans. Climate. Life.’

Acara tersebut diselenggarakan oleh Presiden Majelis Umum di Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York. Penduduk di seluruh dunia pun diberi kesempatan hingga akhir Juni 2016 untuk mengikuti kontes kreatif di Instagram agar bisa mendapatkan salah satu dari 50 pasang sepatu yang tersedia.

Zinedine Zidane yang mendukung gerakan ini mengatakan ini adalah kerja sama yang inspiratif antara Adidas dan Parley. Apa yang sedang dilakukan oleh Adidas dan Parley, dengan mengubah sampah menjadi sebuah sepatu lari, menunjukkan bahwa bahkan sampah yang merusak planet pun dapat digunakan untuk menciptakan sesuatu yang berguna.

Bagian atas dari sepatu ini terbuat dari bahan Parley Ocean Plastic, yang dikumpulkan dari daerah pesisir pantai Maldives, serta jaring bawah laut ilegal yang telah diambil kembali oleh Sea Shepherd, organisasi mitra dari Parley for the Oceans. Sepatu ini telah dibuat dengan menggunakan metode produksi paling inovatif Adidas yakni Adidas Tailored Fibre Technology, sebuah teknik manufaktur yang memungkinkan desain sepatu unik untuk disesuaikan dengan kebutuhan individu setiap atlet.