REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia fesyen terus berkembang. Begitu juga fesyen busana muslim yang ada di Indonesia yang terus tumbuh kian kreatif dan inovatif hingga ke level usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Berdasarkan data kementerian perdagangan (kemendag), perkembangan tren muslim terus tumbuh. Kemendag mencatat penjualan mencapai sekitar Rp 4,57 miliar pada 2015 dan Rp 1,4 miliar pada januari hingga april 2016.
"Dengan potensi ini pemerintah ingin agar indonesia menjadi trendsetter fesyen muslim pada 2020," kata Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Direktorat Jendral Perdagangan Novi Vrisvuntati di Jakarta, Rabu (21/9).
Sebelumnya, kemendag menggelar pameran hijab, fashion, dan aksesoris yang akan dilakukan pada delapan pusat perbelanjaan di Indonesia. Acara tersebut bergulir mulai dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, dan Makassar hingga Desember 2016.