Jumat 13 Jan 2017 18:26 WIB

Lima Tips Ekspresikan Kasih Sayang

Rep: Novita Intan/ Red: Andi Nur Aminah
Penjualan Bunga Kasih Sayang
Foto: Republika/Yasin Habibi
Penjualan Bunga Kasih Sayang

REPUBLIKA.CO.ID, Kasih sayang itu sangat luas maknanya. Kita bisa memberikan kasih sayang ke semua orang, terutama ke orang-orang terdekat kita. Mereka selalu memberikan kasih sayangnya dengan berbagai cara.

Psikolog Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Bona Sardo mengatakan hubungan yang memiliki kasih sayang yang tinggi dapat meningkatkan kepuasan lebih positif dalam sebuah hubungan. "Sering kali kita lupa untuk mengapresiasi kasih sayang bahkan untuk sekadar mengucapkan terima kasih," ujar Bona saat acara 'Peluncuran Kampanye DOVE Chocolate' di Bonobo Event Space & Bar, Jakarta, Kamis (12/1).

Untuk itu, Bona ingin memberikan beberapa tips agar masyarakat semakin merasakan betapa menyenangkan mengekspesikan kasih sayang, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Berikut lima trik jitu agar semakin banyak orang mau mengekpresikan kasih sayangnya, antara lain:

Sentuhan

Dengan belaian, rangkulan, berpegangan tangan, atau pelukan banyak orang merasa nyaman dengan sentuhan.

Ucapan

Jangan biarkan pesan teks atau email menggantikan kasih sayang verbal. Angkat telepon untuk mengecek, karena itu lebih personal, walaupun memerlukan lebih banyak waktu. Jika Anda harus menggunakan cara komunikasi ini, akhiri dengan kata-kata seperti 'sedang memikirkan kamu' atau 'mencintaimu'.

Service

Cara lain yang dapat membuat orang merasa dicintai adalah dengan 'melayani', yang pada dasarnya berarti dia merasa dibantu dalam keseharian. Anda bisa membantu mengerjakan tugas di rumah, seperti memasak atau bersih-bersih. Jika ini adalah bahasa cinta pasangan, Anda bisa mulai membantunya di rumah.

Quality time

Jadwalkan waktu berpelukan dengan anak atau pasangan. Tidak menunjukkan kasih sayang mungkin masalah waktu, jadi masukkan dalam jadwal Anda. Kencan malam, membaca dongeng sebelum tidur, dan bahkan waktu menonton televisi bisa digabungkan dengan berpelukan.

Gif

Kejutkan dia dengan hadiah. Hadiah adalah satu cara yang baik dan lebih mudah dipahami untuk membuat orang merasa dicintai. Siapa yang tidak suka hadiah, khususnya ketika ada pikiran dan usaha di baliknya? Hadiah tidak perlu mahal, yang penting adalah niat yang mendasarinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement