REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sukses dengan penyelenggaraannya di tahun lalu, ajang “The Big Start Indonesia” kembali digelar. Ajang ini memacu para creativepreneur khususnya generasi muda Indonesia agar dapat terus menelurkan inovasi produk, mengasah kreativitas, hingga menambah pengalaman dalam menjalankan digital platform yang berguna untuk kemajuan bisnisnya.
Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com, Lay Ridwan Gautama mengatakan, saat ini pelaku industri kecil menengah di Indonesia ada sebanyak 90 persen yang belum seluruhnya menjalankan usahanya dengan menggunakan platform digital.
“Namun peningkatan pengguna dengan medium digital terus meningkat seiring peningkatan tren kenaikan jumlah pengguna internet dan juga media sosial terutama dikalangan usia milenial,” ujar Lay Ridwan dalam keterangan tertulis, Senin (14/8).
Berangkat dari hal tersebut Lay Ridwan mengatakan ingin memberikan dukungan sedari awal untuk industri kreatif Indonesia. Salah satunya dengan mendukung acara “The Big Start Indonesia”.
“Program TBS bukan saja tentang cara menjual yang baik, di sini juga ada banyak pengetahuan yang bisa didapatkan oleh para pelaku usaha kreatif agar bisnisnya dapat bertahan di tengah maraknya perkembangan platform digital,” kata dia.
Ia mengatakan, nantinya para peserta yang lolos seleksi akan melalui proses karantina dimana mereka akan mendapat banyak pelatihan tentang dunia e-commerce. Dimana dibutuhkan tidak hanya satu produk yang bagus, tapi juga kemampuan mengatur finansial, mengerti aturan– aturan legal, memahami konsumen dan juga pentingnya melindungi kekayaan intelektual dari produk.
Para juri yang akan terlibat diantaranya Daniel Mananta (CEO DAMN! I Love Indonesia) dan Renitasari Adrian (Program Director Djarum Bakti Budaya) dan juga sejumlah pakar yang telah dikenal di industri start-up.
The Big Start Indonesia mengadakan roadshow ke kota-kota besar seperti Yogayakarta, Bali, Bandung dan Jakarta. Para creativepreneur dapat mengunjungi booth para pelaku industri kreatif yang menginspirasi, termasuk mendaftar secara online untuk mengikuti TBS 2017.
Kegiatan workshop juga menambah semarak kegiatan di booth dimana para creativepreneur dapat mencuri ilmu dari perwakilan partner industri kreatif lokal serta menambah wawasan mengenai industri e-commerce yang sedang berkembang saat ini hingga pengelolaan keuangan.
Peserta yang telah mendaftar akan diseleksi menjadi 100 creativepreneur terbaik, dan kemudian akan dipilih 20 Finalis untuk melewati masa karantina dan akhirnya akan ada tiga peserta terbaik saat penghargaan Grand Final TBS berlangsung di Jakarta pada bulan November mendatang.
“Dukungan Blibli.com untuk creativepreneur bukan hanya sekadar ucapan komitmen tapi benar diwujudkan dalam sebuah tindakan memajukan industri kreatif di Indonesia serta memberikan ruang untuk memberdayakan industri kecil menengah lokal asli Indonesia agar usahanya semakin meningkat dan dapat memaksimalkan platform digital yang kian marak untuk menunjang pengembangan usahanya,” ujar Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.