REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dulu, untuk melacak keberadaan paket kiriman bisa dilakukan dengan menelepon call center. Di era teknologi, paket kiriman kini bisa dilacak secara online dan real time. Fasilitas layanan tersebut sudah diterapkan pada jasa ekspedisi J&T Express.
"Pelanggan bisa cek keberadaan paketnya real time melalui aplikasi," ujar Chief Executive Officer (CEO) J&T Express Robin Lo dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (23/10). Aplikasi bisa diunduh pengguna Android dan iOS. Pemantauan paket kemudian dilakukan dengan memasukkan nomor resi paket.
Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa mengetahui estimasi waktu barang sampai. Informasi tersebut bisa dilihat melalui aplikasi. Pelanggan juga bisa melakukan cek harga, hingga memesan petugas untuk mengambil barang di rumah. Jemput barang tidak terbatas berat dan ukuran, dan layanan diberikan gratis.
J&T Express juga menyediakan jasa pengemasan barang bagi pelanggan. Bagi para pedagang online, fasilitas pengemasan barang diberikan gratis. Pengguna jasa juga bisa menikmati layanan cetak resi gratis.
J&T Express juga memberikan fasilitas asuransi untuk paket kiriman berharga. Asuransi tersebut akan mengganti kerugian penuh terhadap kehilangan atau kerusakan barang. "Untuk paket barang berharga memang sebaiknya diasuransikan," jelas Robin.