Senin 25 Dec 2017 06:40 WIB

Rekomendasi Paduan Warna untuk Perbaiki Mood

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Ragam warna cat rumah.
Foto: Flickr
Ragam warna cat rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain memiliki keindahan, warna juga dapat dijadikan sebagai simbol atau memberikan kesan kepada yang melihatnya. Dalam dunia psikologi, terdapat ilmu yang dikenal dengan Color Psychology, yaitu suatu studi yang khusus mempelajari warna sebagai penentu perilaku manusia.

Bahkan warna juga digunakan sebagai salah satu bentuk meditasi bagi seseorang. Claire Bond selaku Kansai Paint Global Color Ambassador merekomendasikan tiga paduan warna dengan menggunakan pendekatan Color Psychology.

Berikut paduan warna dari Claire Bond yang dapat digunakan dalam menampilkan pilihan nuansa tertentu.

Warna untuk nuansa semangat

Sebagian besar aktivitas sehari-hari lebih banyak dilakukan di dalam ruangan. Adanya suasana baru tentu diperlukan untuk menambah semangat sehingga dapat beraktivitas dengan baik. Warna yang dapat digunakan untuk suasana tersebut adalah merah, oranye, dan magenta. Paduan warna ini memberikan energi yang penuh semangat dan dinamis.

Warna untuk nuansa relaksasi

Setelah lama beraktivitas, seseorang membutuhkan istirahat untuk mengembalikan energi agar dapat melanjutkan aktivitas kembali. Warna yang dapat digunakan untuk suasana tersebut adalah biru, hijau, krem, dan cokelat. Paduan warna yang terinspirasi dari alam tersebut dapat menghadirkan rasa hangat, sejuk, dan damai.

Warna untuk nuansa menyenangkan

Ada saatnya ketika seseorang memanfaatkan waktu luang untuk melakukan aktivitas yang dapat memberikan kebahagiaan dan kepuasan dalam dirinya. Untuk mendukung aktivitas tersebut, warna yang dapat digunakan adalah kuning, oranye, ungu, dan merah muda. Paduan warna ini dapat merangsang otak agar merasa lebih ceria.

Menurut Claire, rekomendasi paduan warna di atas dapat diaplikasikan di mana saja, seperti kantor, rumah, ataupun di tempat beraktivitas lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement