Senin 12 Feb 2018 10:13 WIB

Apakah Cinta pada Pandangan Pertama Itu Ada?

Studi menemukan cinta pada pandangan pertama baru sebatas romantisme.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Jatuh cinta.
Foto: Torange
Jatuh cinta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkinkan seseorang bisa jatuh cinta pada pandangan pertama? Bukti terbaru menunjukkan jawabannya adalah iya, memang ada.

Dua orang saling melihat, kemudian pikiran mereka melintasi ruang penuh daya tarik, ada percikan listrik di jantungnya, kemudian mereka tiba-tiba merasakan kecocokan satu sama lain. Jatuh cinta pada pandangan pertama memiliki daya tarik kuat, sebagaimana dipaparkan psikolog sosial dan asisten profesor di Loyola University of Maryland, Theresa DiDonato, dilansir dari Psychology Today, Senin (12/2).

Ilmuwan secara empiris jarang meneliti cinta pada pandangan pertama, namun penelitian terbaru di Belanda mendukung fenomena tersebut. Empat peneliti terdiri dari Zsok, Haucke, De Wit, dan Barelds 2017 lalu menganalisis 400 orang pria dan wanita. Mereka terlibat dalam survei tentang calon pasangan romantis yang dipertemukan satu sama lain untuk pertama kalinya.

Peneliti kemudian mengumpulkan ketertarikan yang dirasakan pria terhadap wanita dan sebaliknya. Pengumpulan data dilakukan secara daring, tes laboratorium, dan wawancara personal. Apa yang Zsoks dan rekan-rekannya pelajari?