REPUBLIKA.CO.ID, Staf supermarket mengungkap kebiasaan negatif para pelanggan yang mereka anggap sangat menjengkelkan. Hal itu terungkap dalam survei terbaru yang digagas oleh Reddit, dikutip dari laman Bristol Post.
Bahwa sedianya ada banyak hal yang mungkin biasa kita lakukan sebagai pelanggan, namun akan dapat memberikan kesan yang berbeda pada orang lain.
Berikut sejumlah kebiasaan negatif para pelanggan:
- Sembarangan memindah produk
Karyawan supermarket butuh waktu lama menata produk sesuai kategori. Mereka sangat kesal jika ada pelanggan yang tidak jadi membeli sesuatu tapi malas mengembalikan ke rak lalu meninggalkan di tempat acak.
- Meninggalkan troli dan keranjang
Meninggalkan troli atau keranjang belanja sembarangan benar-benar sikap yang tidak dihargai. Akan lebih baik jika mengembalikannya ke tempat khusus troli yang tidak membutuhkan waktu lama tapi sangat membantu para staf.
- Ngotot minta produk yang tak ada
Staf supermarket tidak bisa berbuat apa-apa jika stok produk tertentu sudah tak tersedia. Sayangnya, masih banyak pelanggan yang ngotot dan mengomel meminta karyawan mencarikan untuk mereka.
- Belanja jelang waktu tutup
Berbelanja lima menit jelang supermarket tutup lumayan menyusahkan banyak pihak. Staf kasir dan para karyawan yang sudah ingin pulang harus menanti pelanggan memilih dan membayar barang.
- Bicara kasar
Tidak sedikit pelanggan yang bicara kasar atau kurang respek seolah staf supermarket adalah 'pegawai rendahan'. Nyatanya, sangat banyak staf lulusan sarjana bahkan memiliki gelar master tetapi memilih karier di bidang retail.
- Makan dengan berantakan
Makan saat berbelanja kadang dimaklumi, misalnya anak kecil yang tak sabar membuka kemasan snack atau pelanggan yang sudah terlalu haus. Tapi, usahakan tidak berantakan dan tanpa meninggalkan sampah.