Selasa 05 Jun 2018 11:02 WIB

Sejarah Penggunaan Bra di Dunia

Bra diduga sudah digunakan wanita sejak abad ke-15.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Pakaian dalam wanita
Foto: ist
Pakaian dalam wanita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti baru-baru ini menemukan empat fosil bra di reruntuhan Kastil Lemberg, Tyrol, Austria yang diperkirakan berasal dari abad ke-15. Salah satu bra memiliki tali bahu lebar dan tali pengikat punggung. Peneliti percaya bra tersebut pernah dihiasi renda.

Sebelumnya diduga bra ditemukan setelah korset tak lagi menjadi mode. Akan tetapi, peneliti menyimpulkan bra kemungkinan besar ditemukan lebih dulu, baru korset, dan tren kembali ke bra.

Sosialita korset, Mary Phelps Jacob dianugerahi paten Amerika Serikat pada 1914 untuk inovasinya yang bisa mengangkat payudara dan memisahkan payudara menjadi dua bentuk membulat saat mengenakan produk rancangannya. Sementara masih ada perdebatan asal muasal bra yang beberapa di antaranya menyebut awalnya berasal dari pembuata korset di Prancis pada abad ke-18 oleh Herminie Cardolle.

Kurator mode dan pakaian di Sydney Powerhouse Museum, Glynis Jones mengatakan desain Jacob adalah dasar dari bra modern dan cikal bakal industri 30 miliar dolar AS. "Orang-orang telah bereksperimen dengan bra jauh sebelum itu, namun dia (Jacob) benar-benar menciptakan bra yang memisahkan payudara kiri dan kanan, serta mematenkannya," kata Jones, dilansir dari Essential Baby, Selasa (5/6).