Rabu 20 Mar 2019 09:19 WIB

Survei Tantan: Keluarga Jadi Sumber Tekanan Sosial

82 persen perempuan menyatakan kenalan dengan teman baru membantu temukan jati diri.

Red: Bilal Ramadhan
Aplikasi Tantan dengan akun Verrel Bramasta
Foto: Istimewa
Aplikasi Tantan dengan akun Verrel Bramasta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tantan, aplikasi trendi yang memberikan pengalaman menyenangkan untuk terhubung dengan kenalan baru, mengumumkan hasil survei pertamanya di Indonesia. Hal ini guna menemukan dampak tekanan sosial terhadap proses eksplorasi dan penemuan jati diri pada perempuan muda di Indonesia.

Bekerja sama dengan institusi penelitian independen, Tantan menyurvei lebih dari 1000 perempuan berusia 18 hingga 35 tahun di 32 provinsi di Indonesia, secara daring. Ideal yang diharapkan kelompok sosial mempengaruhi kehidupan perempuan muda.

Hasil survei menunjukkan, keluarga menempati peringkat teratas sebagai sumber tekanan sosial terbesar diikuti oleh rekan (di sekolah/universitas dan kantor) dan teman ketika responden diminta menyebutkan sumber tekanan sosial dari terbesar hingga terkecil.

Dari beragam sumber tekanan sosial, suatu kesamaan yang dirasakan oleh responden adalah ekspektasi yang dibebankan kepada mereka. Responden menyatakan bahwa ideal yang diharapkan oleh suatu kelompok menjadi beban terbesar.