REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram mencatat adanya kenaikan jumlah interaksi pengguna selama bulan suci Ramadhan. Client Partner Facebook & Instagram Indonesia Aldo Rambie mengatakan peningkatan sudah terlihat sejak dua pekan menjelang Ramadhan.
"Setelah itu di bulan Ramadhan makin tinggi engagement-nya, naik lagi sepekan sebelum Lebaran, kemudian turun sedikit, dan naik lagi dua minggu setelahnya. Sekitar delapan pekan cukup tinggi dibandingkan bulan lainnya," kata Aldo.
Data tersebut merujuk pada statistik tahun lalu. Pengamatan periode 20 Januari sampai 24 Juni 2018 mencatat pula peningkatan penggunaan fitur Instagram stories hingga 28 persen selama Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lain.
Topik mengenai keluarga merupakan konten yang paling banyak diunggah para pengguna sepanjang bulan suci tahun lalu. Umumnya, pengguna membuat dan mempublikasikan postingan seputar Ramadhan pada siang dan sore hari.