Sabtu 17 Aug 2019 06:01 WIB

Rangkaian Bunga Persatuan di Istana Negara

Dekorasi Istana untuk 17 Agustus dibuat megah dan meriah tapi tidak berlebihan.

Red: Indira Rezkisari
Pekerja menyiapkan rangkaian bunga untuk dekorasi 17 Agustus di Istana Negara, Jumat (16/8).
Foto: dok JakFlo Academy
Pekerja menyiapkan rangkaian bunga untuk dekorasi 17 Agustus di Istana Negara, Jumat (16/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istana Negara sudah sejak beberapa hari lalu bersiap menyambut upacara 17 Agustus. Ratusan orang bekerja menyulap Istana agar kelihatan lebih anggun di hari perayaan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Tahun ini penataan dekorasi Istana Negara terinspirasi dari konsep persatuan negara. Sara Destariansyah, pendiri dan kepala sekolah Jakflo Floral Academy yang ditunjuk Istana sebagai konsultan dekorasi, mengatakan ketegangan politik sejak beberapa bulan terakhir akibat pemilu membuat konsep persatuan dirasa penting.

Baca Juga

Kepada Republika.co.id, Sara mengatakan pihak Istana sejak awal ingin dekorasi perayaan proklamasi mengesankan perdamaian. "Mereka ingin konsep yang harmonis, memberi lihat kecantikan Indonesia yang sesungguhnya," kata Sara.

Indonesia adalah negara yang kaya, dengan variasi kebudayaan, bahasa, begitu juga daun dan bunga-bunganya. Sebagai negara tropis Indonesia memiliki banyak materi dari alam yang bisa dirangkai sebagai ornamen atau dekorasi yang indah.