REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Label ‘Anak Kost’ sempat melekat di diri seorang Youtuber Arief Muhammad. Selama enam tahun lamanya, dia mengalami berbagai pengalaman saat ngekos.
“Saya sudah enam tahun jadi ‘anak kost’. Dan selama enam tahun itu pula, saya mengalami berbagai macam jenis kost. Dari yang paling murah, murah, standar, mahal, sampai paling mahal,” ungkap Arief yang turut menghadiri peluncuran OYO Life di wilayah Jakarta Selatan.
Selama enam tahun itu pula, Arief yang terkenal dengan akun twitternya @poconggg itu juga mengalami suka duka menjadi anak kost. Dia pun mengalami perlakuan yang berbeda-beda dari masing-masing ibu pemilik kost.
Dari pemikiran dan pengalamannya itu, Arief pun merasa memiliki bisnis kost menjadi sebuah peluang yang cemerlang. Menurutnya, dengan menjalankan bisnis kost, pendapatan dari bisnis itu bisa menjadi tambahan pendapatan.
“Saya mengira, sepertinya seru juga ya investasi dengan bisnis kost-kost-an. Nggak terlalu ribet dan mendapat passive income,” ungkap dia.
Hal itu pun dia mulai dengan melakukan survei kepada calon pasar kost yang akan dia bidik, di kota Yogyakarta. Menurutnya, anak-anak kuliah saat ini ingin mencari kost yang nyaman dan harga yang tepat.
“Setelah itu saya bikin kost. Ternyata sulit sekali dalam mengelolanya. Banyak hal-hal kecil yang merepotkan ternyata,” kata Arief.
Oleh sebab itu, dia mengambil langkah bekerja sama dengan salah satu jaringan hotel berbasis teknologi, OYO Hotels and Homes atau OYO. Dengan kerja sama itu, dia sebagai pemilik kost yang bertajuk ‘Ternak Kost’ itu tak kesulitan lagi dalam mengelola manajemen kost.
“Jadi setelah mendapatkan teknologi dari OYO, saya jadi lebih mudah dalam mengelola manajemen kost. Semua sudah disediakan oleh OYO dengan standar yang baik. Saya sangat senang mengetahui bahwa pengusaha seperti saya yang baru terjun ke industri ini bisa mendapatkan dukungan dari para ahlinya seperti OYO Life, terutama dari segi teknologi,” ungkap Arief.