Sabtu 12 Sep 2020 04:35 WIB

New York Fashion Week Berjalan Secara Daring

New York Fashion Week akan berjalan 13-17 September 2020.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari
Akibat pandemi pelaksaan New York Fashion Week tidak akan semeriah sebelumnya. Model akan berjalan di runway tanpa penonton untuk disiarkan secara daring.
Foto: EPA
Akibat pandemi pelaksaan New York Fashion Week tidak akan semeriah sebelumnya. Model akan berjalan di runway tanpa penonton untuk disiarkan secara daring.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Suasana adaptasi baru juga berlaku pada Pekan Mode New York atau New York Fashion Week (NYFW) pada musim ini. Akibat pembatasan untuk memutus rantai penyakit Covid-19, parade acara yang biasanya terlaksana selama tujuh hari, pada tahun ini berubah menjadi lima hari saja.

Dilansir di laman Reuters, Jumat (11/9), oleh karena pandemi pula, acara ini akan digelar secara daring. Sementara yang berada di venue, akan dibatasi dengan jumlah yang lebih kecil dengan peraturan protokol kesehatan jaga jarak sosial.

Baca Juga

Host IMG mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan kantor gubernur untuk berkoordinasi mengenai protokol yang diperlukan. Hal itu ditujukan agar pertunjukan yang berjalan dari 13-17 September itu berjalan dengan baik dan aman.

"Kami mengembangkan acara dan penawaran kami kepada para desainer agar dapat menciptakan acara yang aman dan sukses dan yang memungkinkan konsumen untuk menonton dan berpartisipasi," kata wakil presiden senior global pemasaran dan strategi merek di IMG, April Guidone.

Pada musim kali ini, beberapa koleksi yang disoroti adalah termasuk koleksi dari Jason Wu, Rebecca Minkoff and Christian Siriano yang akan ditampilkan dari rumahnya di Connecticut. Bermitra dengan toko perangkat keras AS Lowes, setiap desainer akan membuat set dengan produk dekorasi rumah yang mereka temukan di Lowes.

Spring Studios, rumah normal New York Fashion Week, juga mulai beradaptasi. "Kami menawarkan atap di Spring (Studio) kepada desainer untuk pertunjukan catwalk yang lebih tradisional yang mungkin memiliki penonton yang sangat kecil dan terbatas, secara sosial jauh," kata Guidone.

Desainer akan menggunakan venue dalam ruangan yang sebelumnya menyelenggarakan pertunjukan runway besar untuk menampilkan koleksi mereka dengan cara baru, seperti dengan membuat film atau konten untuk media sosial. Kemudian mereka akan merilis konten itu sesuai jadwal seolah-olah itu siaran langsung.

Konten dan panel dan acara khusus akan disiarkan di NYFW.com. Council of Fashion Designers of America juga telah menciptakan platform digital baru, Runway360.com, untuk menyiarkan berbagai acara runway.

Model yang berbasis di Brooklyn, Anok Yai menggambarkan beberapa pertunjukan yang dia lakukan selama pandemi, yang dia sebut aneh. “Semuanya jelas sangat terpisah,” kata Yai.

Dia yang telah bekerja di London sejak Maret itu mencatat, sebelum pandemi muncul, sebanyak 100 orang akan berada di satu ruangan untuk menata rambut dan merias wajah. Namun saat ini, keadaan berbeda jauh di mana jumlahnya kurang dari selusin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement