Selasa 11 Oct 2016 14:23 WIB

Indonesia Bidik Tiga Gelar Kompetisi Wisata Halal 2016

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Damanhuri Zuhri
mushalla di hotel The Rhadana Kuta, Bali
Foto: istimewa
mushalla di hotel The Rhadana Kuta, Bali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Kementrian Pariwisata (Kemenpar) menarget paling sedikit tiga gelar dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2016. Pasalnya, perolehan gelar tersebut akan memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Indonesia berpotensi menjadi destinasi wisata halal paling unggul di dunia. Negeri ini, dia melanjutkan, memiliki keragaman destinasi dan kekayaan budaya nusantara sebagai modal utama yang tidak dimiliki negara lain.

"Kita juga semakin yakin dengan tingginya kesadaran masyarakat dan industri pariwisata nasional terhadap perlunya pariwisata ramah wisatawan muslim atau muslim friendly tourism," kata Arief dalam keterangan persnya, Selasa (11/10).

Arief mengatakan Indonesia ditargerkan menjadi tujuan pariwisata halal nomor satu dunia pada 2019. Saat ini, wisata halal menjadi fokus Indonesia karena memenuhi syarat 3S (size, sustainable, dan spread). "Size pasar wisata halal dari 6,8 miliar penduduk dunia, 1,6 miliar di antaranya adalah muslim dan 60 persen usianya di bawah 30 tahun," kata Arief.

Sementara, Indonesia mengirimkan 10 nomine dalam ajang WHTA 2016. Kesepuluh nomine tersebut merupakan pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata RI pada 7 Oktober lalu.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Kementerian Pariwisata, Riyanto Sofyan mengungkapkan, 10 nominasi yang diterima Indonesia antara lain World's Best Airport for Halal Travellers yang diwakilkan Sultan Islandar Muda Airport di Banda Aceh.

World's Best Family Friendly Hotel oleh The Rhadana Hotel di Bali, World's Best Halal Beach Resort oleh Novotel Lombok Resort & Villas di Lombok, World's Best Halal Tour Operator oleh Ero Tour di Padang, World's Best Halal Tourism Website oleh HYPERLINK "http://www.wonderful-lomboksumbawa.com"www.wonderful-lomboksumbawa.com.

Selain itu, World's Best Halal Honeymoon Destination Lembah Sembalun di Lombok, World's Best Hajj & Umrah Operator oleh ESQ Travel, World's Best Halal Destination di Sumatera Barat, World's Best Halal Culinary Destination di Sumatera Barat dan World's Best Halal Cultural Destination di Aceh.

Di samping 10 pemenang KPHN, Kementerian Pariwisata merekomendasikan dua kategori lainnya, yaitu World's Best Airline for Halal Travellers: Garuda Indonesia dan World's Most Luxurious Family Friendly Hotel: Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement