Kamis 05 Jul 2012 22:20 WIB

Hidayat: Waspada 'Money Politic' di Masa Tenang

Red: Hafidz Muftisany
Hidayat Nurwahid menyapa warga.
Foto: hidayatdidik.net
Hidayat Nurwahid menyapa warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta Hidayat Nur Wahid mengimbau masyarakat untuk mewaspadai masa tenang kampanye hingga hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 11 Juli 2012 mendatang.

Masa kampanye akan berakhir pada 7 Juli 2012 dan masa tenang dimulai sampai hari pencoblosan 11 Juli 2012.

"Di masa tenang itu adalah masa yang paling tidak tenang, banyak yang akan melakukan 'money politic' (politik uang)," kata Hidayat dalam kunjungannya ke Sekolah Atlet di Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis.

Hidayat mengatakan akan adanya serangan fajar sebelum pencoblosan. Cara itu dilakukan dengan memberikan uang kepada warga untuk memilih pasangan tertentu, yang banyak dilakukan pada saat masa tenang.

"Bahkan sekarang kan bukan hanya serangan fajar, ada serangan Dhuha, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan Tahajud, dan silakan tunggu di jam tengah malam itu akan banyak yang bagi-bagikan duit," kata Hidayat.

Kekhawatiran Hidayat bukan tidak beralasan namun mantan Ketua MPR itu berkaca pada pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta 2007 lalu, dimana ada beberapa kandidat yang terbukti melakukan tindakan tida terpuji tersebut.

"Meski Jakarta telah menjadi sebuah kota percontohan dan memiliki komitmen untuk melaksanakan Pilkada tanpa politik uang, hal tersebut patut diwaspadai" ujar Hidayat.

Meski begitu, Hidayat mengajak segenap warga DKI jakarta untuk turut mencermati praktik politik uang di wilayah mereka. Bahkan kalau perlu untuk membuat efek jera para pasangan yang melakukan politik uang, ambil saja uangnya tapi tidak usah memilih orangnya, sesuai dengan pernyataan dari Deklarasi Kampanye Anti Politik Uang.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

(QS. Al-A'raf ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement