Senin 31 Jul 2017 03:44 WIB

Ribuan Warga Turki Demo Tindakan Israel di Al-Aqsha

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Indira Rezkisari
Kompleks Masjid Al Aqsha.
Foto: AP
Kompleks Masjid Al Aqsha.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Ribuan masyarakat Turki, Ahad (30/7), menggelar demonstrasi di Istanbul untuk menentang tindakan pembatasan oleh Israel di Masjid Al Aqsha. Demo bertajuk The Big Jerusalem Meeting tersebut diinisiasi oleh Partai Saadet Turki dan menarik sekitar lima ribu orang ke lapangan parade Yenikapi di tepi selatan Istanbul.

Massa aksi dalam demonstrasi tersebut membentangkan bendera Turki dan Palestina. Mereka juga menyandang poster bertuliskan Masjid Al Aqsha adalah kehormatan kami.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Partai Saadet Temel Karamollaoglu menyampaikan orasi di tengah-tengah kerumunan massa. "Anda harus tahu bahwa tidak hanya di Gaza, tapi Tel Aviv (Israel) juga memiliki mata mereka di lapangan parade ini. Netanyahu juga melakukannya, dan dia takut," ujar Karamollaoglu.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga telah mengkritik tindakan Israel terhadap Masjid Al Aqsha. Menurutnya, tindakan Israel di situs tersuci ketiga umat Islam tersebut telah merusak karakter Islam Yerusalem. Kritikan Erdogan disangkal oleh Kementerian Luar Negeri Israel. Mereka menilai tudingan Erdogan tersebut merupakan hal yang tak masuk akal.