Selasa , 16 Dec 2014, 09:00 WIB
Mendikbud: Pendidikan Kunci Membangun Ekonomi Bangsa
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengungkapkan pendidikan adalah kunci utama membangun ekonomi bangsa.

Anies menuturkan, dengan pendidikan Indonesia bisa menyikapi persaingan ekonomi dunia dan tantangan dihadapi Indonesia ke depan sesuai dengan perubahan dunia. Hal ini penting, karena menurutnya, Indonesia merupakan pilar penting perdagangan dunia. Mengingat potensi pasar yang dimiliki Indonesia sangat menjanjikan.

"Bentangan garis perekonomian yang luar biasa besar dan mendasar adalah bentangan dari barat ke timur yaitu dari Maroko sampai Maluku," ujar Mendikbud dalam Seminar Nasional ASEAN Economic Community 2015 di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sementara itu, Rektor UPI Sunarya Kartadinata mengungkapkan seminar ini merupakan salah satu bentuk respon dari kampus yang melihat proses pendidikan adalah sesuatu yang harus berinteraksi dengan dunia luar. Karena itu, pendidikan harus menyiapkan generasi muda bangsa Indonesia menjadi warga yang turut berperan aktif di dunia.

"Dalam mendidik calon guru, pengajar tidak hanya membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir tetapi juga bagaimana membangun para anak muda bangsa untuk mampu memiliki kecakapan berkolaborasi membangun bangsa-bangsa lain di dunia," ujar Sunarya.

Reporter : niken paramitha
Redaktur : Taufik Rachman