Home >> >>
Polisi Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Pemilu 2014
Jumat , 07 Feb 2014, 15:39 WIB
Tahta Aidilla/ Republika
Baliho Pemilu 2014 di Gedung KPU Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG AMPEK -- Polres Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar) mengajak semua komponen bersama-sama menciptakan kondisi kondusif selama Pemilu 2014.

"Peran serta semua pihak sangat diharapkan dalam rangka menciptakan pemilu yang berkualitas,"kata Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat, AKBP Sofyan Hidayat saat apel gelar pasukan operasi mantap brata dalam rangka pengamanan Pemilu 2014 di Simpang Ampek, Jumat (7/2).

Pada apel gelar pasukan tersebut, Kapolres juga membacakan amanat Kapolri yang dibacakan di hadapan peserta upacara. Mulai dari TNI, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas, pemadam kebakaran, KPU, Panwaslu dan kesbangpol.

Ia mengatakan apel gelar pasukan diadakan bertujuan untuk melihat persiapan pengamanan Pemilu 2014. Polri yang bertanggung jawab terhadap keamanan akan berkonsolidasi dengan penyelenggara pemilu serta semua pihak yang terkait.

Pemilu, katanya, sangat rawan terhadap berbagai konflik keamanan, sehingga diperlukan kesiapan dan antisipasi dini untuk mencegahnya.

"Polri akan menangani pelanggaran baik pidana pemilu ataupun pidana umum selama proses pemilu berlangsung," ujarnya.

Menurutnya anggota Polri di tingkat bawah dituntut untuk bersikap netral dalam menjalankan tugas serta mampu berkonsolidasi dengan semua pihak.

Ia menjelaskan dalam amanat Kapolri ada beberapa hal yang harus dilaksanakan jajarannya sampai ke tingkat bawah yakni siapkan mental dan fisik untuk pelayanan maksimal di masyarakat, petakan setiap kerawanan dan lakukan deteksi dini dan implementasikan siap siaga di masing-masing kesatuan.

Selain itu perkokoh kerja sama dengan seluruh penyelenggara pemilu, TNI serta unsur terkait. Setiap anggota Polri harus bisa mejaga komitmen dan netralitas, dan tingkatkan kewaspadaan ancaman teroris.

Kapolri juga memesankan agar setiap anggota memberikan pengajaran hukum terhadap setiap pelanggaran pemilu, berikan arahan dan petunjuk yang jelas kepada anggota yang bertugas, siapkan rencana pengamanan dan lakukan pengawasan dan pengendalian petugas yang bertugas.

"Mudah-mudahan dengan apel gelar pasukan ini bisa menciptakan keamanan selama Pemilu 2014 berlangsung. Baik sebelum, saat dan sesudah pemilu berlangsung," ujarnya mengakhiri.

Redaktur : Karta Raharja Ucu
Sumber : Antara
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar