Selasa , 01 Jul 2014, 01:06 WIB

Prancis Melenggang ke Perempat Final Piala Dunia

Rep: satria kartika / Red: Muhammad Hafil
Timnas Prancis
Foto AP Images

Timnas Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Prancis memastikan diri ke perempat final Piala Dunia 2014. Kepastian itu didapat setelah Les Bleus susah payah memetik kemenangan 2-0 atas Nigeria pada babak 16 besar di Estadio Nacional, Brasilia, Senin (30/6) malam WIB.

Dua gol kemenangan Prancis dicetak gelandang Juventus Paul Pogba pada menit ke-79. Sementara satu gol lainnya tercipta berkat gol bunuh diri bek Joseph Yobo. Prancis kini tinggal menunggu pemenang antara Jerman dan Aljazair.

Prancis dan Nigeria sama-sama bermain terbuka pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2014 di Estadion Nacional, Brasilia, Senin (30/6) malam. Meski saling menyerang, belum ada gol yang tercipta hingga turun minum. Nigeria lebih dulu mengejutkan Prancis ketika pertandingan berjalan 18 menit.

Striker Emmanuel Emenike berhasil menjebol gawang Hugo Lloris lewat sontekannya setelah memanfaatkan umpan silang Peter Odemwingie. Namun gol tersebut dianulir karena Emenike dianggap offside. Lima menit berselang giliran Prancis yang menebar ancaman.

Berawal dari serangan balik, Paul Pogba melakukan kerja sama apik dengan Mathieu Valbuena. Valbuena yang berada di sisi kanan,  mengirimkan umpan matang kepada Pogba yang menyambutnya dengan tendangan voli dari dalam kotak penalti.

Nahas, peluang emas tersebut gagal berbuah gol berkat penyelamatan gemilang kiper Vincent Enyeama. Selebihnya, Prancis yang lebih banyak menciptakan peluang.  Sayang, buruknya penyelesaian akhir membuat pasukan Les Bleus gagal mengungguli Nigeria di babak pertama. Usai turun minum, Prancis seperti kehilangan ritme permainannya.

Sementara Nigeria semakin percaya diri dalam menguasai bola dan menggencarkan serangan. Pelatih Prancis Didier Deschamps terpaksa merotasi lini depan timnya pada menit ke-62. Olivier Giroud yang tampil tumpul pada babak pertama digantikan oleh Antoine Griezmann. Dengan pergantian ini, posisi striker tengah akhirnya dipercayakan kepada Benzema yang tadinya beroperasi di sayap kiri.

Rotasi ini membuat serangan Prancis semakin trengginas. Griezmann pun langsung memberikan efek positif. Griezmann memberikan umpan terobosan akurat kepada Benzema yang langsung melepaskan tendangan. Tendangan striker Real Madrid tersebut nyaris bersarang di gawang setelah gagal ditepis sempurna oleh kiper Enyeama. Namun Moses dengan sigap mementahkan bola sebelum melewati garis gawang.

Prancis tak berhenti menggencarkan serangan. Setelah beberapa usaha berhasil ditepis kiper Enyeama dan membentur mistar gawang, kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-79. Berawal dari tendangan sudut Valbuena, Enyeama yang keluar dari garis gawang mencoba mengambil bola. Nahas, bola gagal ditangkap dan akhirnya mampu disundul Pogba untuk membuka keunggulan Prancis.

Kemenangan akhirnya resmi menjadi milik Prancis setelah bek Joseph Yobo mencetak gol bunuh diri pada menit ke-90+1 yang berusaha mementahkan umpan mendatar Valbuena kepada Griezmann. n satria kartika yudha 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
piala dunia 2014 prancis nigeria seri babak kedua
Berita Terpopuler
Berita Lainnya