Kamis 13 Jun 2013 16:59 WIB

Supaya Tas Kulit Tetap Elegan

Red: Endah Hapsari
Tas kulit nan elegan
Foto: vogue
Tas kulit nan elegan

REPUBLIKA.CO.ID, Tas dari bahan kulit, apalagi dengan samakan yang sangat halus, bisa menjadi hal yang istimewa. Namun, alangkah sayangnya jika Anda tak merawatnya dengan tepat. Tas kulit yang harganya lumayan mahal itu tak akan tampak istimewa lagi. Tak jarang timbul bercak putih karena tas disimpan lama pada tempat yang lembab. Karenanya agar tas kulit Anda tetap terlihat baru dan awet, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

* Hindarkan kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu lama. Karena dapat merusak permukaan kulit, misal pecah-pecah. Jika terkena air, segera keringkan dengan lap kering dan bertekstur lembut.

* Jika timbul bercak putih pada permukaan tas, antara lain karena jamur, dapat dihilangkan dengan cara menyapunya dengan lap bertekstur lembut. Kalau bercak putih itu terdapat di bagian dalam tas, bersihkan dengan sikat halus baru kemudian bersihkan dengan lap kering. Dapat pula Anda gunakan sabun lembut yang khusus untuk membersihkan bahan kulit atau biasa disebut saddle soap yang dapat diperoleh di pasar swalayan. Gosok pelan tas dengan menggunakan kain lembut atau spon.

* Jangan pernah menyimpan tas kulit berdekatan atau menempel dengan tas berbahan plastik. Karena tas plastik dapat menyerap bahan pencelup warna pada kulit. Ini dapat menyebabkan tas kulit bernoda yang terlihat seperti terkena jamur.

* Simpanlah tas yang tidak digunakan dalam kantong penyimpan (dust bag). Jika tas sudah tidak digunakan lagi dalam waktu yang relatif lama, sekali-kali tas dapat dikeluarkan dari kemasannya dan diangin-anginkan.

* Jika tas disimpan dalam lemari, gunakan produk anti lembab seperti kamper atau silica gel yang bisa dibeli di apotek. Letakkan dalam tas kulit Anda agar tidak berjamur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement