Senin 16 Sep 2013 15:11 WIB

Tata Rias untuk Si Hitam Manis

Red: Endah Hapsari
Tata rias untuk kulit hitam manis/ilustrasi
Foto: Guardian
Tata rias untuk kulit hitam manis/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Anda berkulit gelap, hitam manis, atau sawo matang? Jangan bingung dengan segala urusan tata rias. Bagi Philip Kwok, seorang penata rias, semua warna bisa digunakan oleh perempuan berkulit gelap. Bahkan, warna-warna terang dan berani pun bisa diaplikasikan. ''Kombinasi warna yang bertabrakan juga dapat digunakan sehari-hari dan tak perlu takut terlihat norak,'' ujarnya. 

Meskipun demikian, teknik make up harus benar-benar diperhatikan sehingga warna tersebut terlihat natural. Misalnya saja, perpaduan warna merah muda dan hijau pada mata. ''Di bawah alis bisa menggunakan warna merah muda, lalu kuas dibasahi dan direkatkan dengan warna hijau untuk dipoles di bawahnya,'' papar Philip.

Philip mengingatkan, eye shadow yang digunakan jangan hanya terpaku pada warna cokelat. ''Warna cokelat mungkin untuk satu hingga dua jam bisa terlihat sangat bagus,'' katanya. 

Karena perempuan Indonesia tinggal di negara dengan iklim tropis, sehingga keringat akan mudah menghilangkan kecemerlangan warna tersebut. ''Akibatnya, wajah akan tampak kusam. Mata tampak lesu dan mengantuk,'' katanya.

Untuk lipstik, Philip tidak membatasi perempuan berkulit gelap untuk bereksperimen. ''Tidak perlu hati-hati memilih warna. Warna apa pun bisa mereka gunakan,'' katanya. 

Meski begitu, Philip mengingatkan untuk menggunakan teknik yang baik. Untuk membuat lipstik tersebut terlihat bagus menempel pada bibir, pulasan lipstik di pinggir bibir harus tipis sedangkan bagian tengahnya tebal. Teknik ini tidak disarankan bagi perempuan berkulit putih. ''Bagi perempuan yang berkulit putih, justru pinggir bibir harus tebal sedangkan di tengah bibir tipis,'' katanya.

Lain cerita untuk blush on. Kali ini, si hitam manis harus hati-hati. ''Jangan menggunakan blush on berwarna merah muda,'' katanya. Penggunaan warna tersebut hanya akan membuat wajah terlihat kusam. Oleh karena itu, Philip menyarankan agar mereka menggunakan blush on berwarna peach dan cokelat. Selain itu, teknik polesan lagi-lagi harus diperhatikan. ''Jangan sampai keputihan dan ketebalan,'' ujarnya. 

Nah, untuk itu harus diperhatikan benar pemakaian foundation. ''Mereka harus memilih foundation yang ringan,'' katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement