Rabu 27 Nov 2013 16:04 WIB

3 Kesalahan Saat Menyisir

Red: Endah Hapsari
Menyisir rambut/ilustrasi
Foto: beautythroughstrength.com
Menyisir rambut/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Cara menyisir rambut turut memengaruhi kesehatan mahkota kepala. Rambut akan banyak yang tercabut dari akar atau patah batang rambut jika tak benar menyisirnya. Tips dari Daily Makeover berikut akan membantu mengoreksi kesalahan dalam merapikan rambut. 

 

* Dari akar 

Banyak orang menyisir rambut dari akar dan menarik rambutnya ke bawah. Cara ini membuat rambut banyak yang rontok. Sebaiknya, sisirlah beberapa sentimeter di atas ujung rambut sambil mengurai kekusutan, lalu sisir lebih ke atas lagi dan urai rambut yang saling mengait. Ulangi cara tersebut hingga ke akar rambut. Lakukan ketika rambut tidak terlalu basah. Jika terlalu sukar untuk diurai, gunakan produk pelembut rambut. 

 

* Terlalu sering menyisir 

Untuk menata rambut, sedikit menyisir saja sudah cukup. Tak perlu menyikat rambut berkali-kali seperti adegan sinetron saat perempuan menatap cermin sambil sisiran. Ketika menyisir rambut berulang, listrik statis pun terbentuk. Rambut akan mudah patah karenanya. Untuk memudahkan penyisiran, teteskan sedikit minyak rambut di ujung jemari dan balurkan ke rambut.  

 

* Sisir kotor 

Seperti juga kuas kosmetik, sisir pun mesti dicuci seminggu sekali. Singkirkan rambut yang terjerat di tiap sikatnya. Bersihkan juga kotoran yang menempel. Siram dengan air hangat, lalu gunakan sampo atau sabun cuci tangan untuk membersihkannya. Setelah dibilas, sisir perlu dikeringkan dengan handuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement