Senin 16 Dec 2013 09:31 WIB

4 Jurus Jitu Wajah Bersih dan Cerah

Red: Endah Hapsari
Wajah mulus bebas jerawat
Foto: hudabeauty.com
Wajah mulus bebas jerawat

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak ingin memiliki kulit wajah yang halus, cerah, dan bersih? Dan, barangkali, vlek -- noda cokelat di kulit -- adalah gangguan yang paling meresahkan. Celakanya, vlek muncul tak cuma karena lingkungan seperti terkena paparan sinar matahari atau kekeliruan dalam perawatan wajah, tapi juga karena faktor keturunan dan hormonal. 

Untuk menghindari timbulnya vlek, coba ikuti tips Dr M Wahyu Widodo SpKK, dokter spesialis kulit Poliklinik Kulit RS Pusat Pertamina. Yang terpenting untuk dilakukan, katanya, melakukannya sedini mungkin. Berikut tipsnya:

 

1. Membiasakan diri melindungi kulit dari pajangan terik matahari, terutama siang hari dengan -- misalnya -- payung atau topi. 

2. Pakai bahan pelindung dengan tabir surya yang bersifat memantulkan sinar matahari, baik dalam bentuk krim maupun lotion. 

3. Lakukan pengobatan vlek dengan krim pemutih atau bahan kimia yang bersifat pengelupasan [chemical peeling agent]. 

4. Pada beberapa keadaan diperlukan tindakan bedah listrik atau laser untuk menghilangkan vlek yang dilakukan oleh dokter ahli. Yang juga harus disadari, vlek butuh jangka pengobatan cukup lama. Oleh karena itu diperlukan ketekunan, kesabaran dan disiplin. ''Pada umumnya, hasil akan mulai terlihat setelah 4-6 minggu pengobatan dengan efek maksimal setelah 4-6 bulan pengobatan,'' kata Wahyu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement