Sabtu 20 Apr 2013 10:16 WIB

Hati-Hati Pakai High Heels, Ini Bahayanya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endah Hapsari
Sepatu-sepatu Sarah Jessica Parker
Foto: graziadaily
Sepatu-sepatu Sarah Jessica Parker

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jutaan perempuan di dunia ini memakai sepatu tumit tinggi alias high heels setiap hari dan mereka menyukainya. Kaum hawa bahkan bersedia menghabiskan uangnya hanya demi memiliki sepasang sepatu tumit yang fantastis untuk menghiasi kaki mereka setiap harinya. Sebagian dari mereka juga rela menahan rasa sakit yang datang bersamaan pada saat mereka mengenakannya dan berusaha tetap tersenyum. 

Berikut adalah beberapa efek akibat anda memakai sepatu tumit tinggi terlalu sering yang bisa terjadi pada telapak kaki anda, dikutip dari Symptomfind, Sabtu (20/4).

1. Bunions

Pertumbuhan tulang yang terjadi di sekitar pangkal jempol kaki dan bisa menyebabkan jempol kaki di sudut jari-jari kaki anda yang lain merasa sakit.

2. Corns

Ini menyebabkan kulit di beberapa bagian kaki anda menebal. Biasanya, ini disebabkan gesekan berulang terhadap sepatu. 

3. Hammer toe

Ini adalah kondisi dimana ujung jari kaki, biasanya kedua kaki, harus turun atau mengerut dan akhirnya menyebabkan deformitas. Hal ini hanya bisa dikembalikan dengan menggunakan perangkat medis atau operasi.

4. Neuroma morton

Ini adalah cedera pada saraf di pertengah kaki. Hal ini menyebabkan jaringan di sekitar kulit kaki menebal dan bisa menjadi mati rasa. Operasi bedah kadang-kadang diperlukan untuk mengangkat jaringan tebal ini dan mengurangi gejala penebalan.

5. Pump bump

Secara teknis ini disebut juga deformitas haglund. Kondisinya terjadi pertumbuhan tulang yang terjadi pada tumit sebagai akibat dari tekanan konstan dan gesekan punggung kuku dan tali dari sepatu hak tinggi. Satu-satunya cara untuk mengobati kelainan ini adalah operasi, untuk menghilangkan kelebihan pertumbuhan tulang.

6. Metatarsalgia

Ini adalah jenis menyakitkan yang bisa menyebabkan perdangan yang yang terjadi pada bulatan tumit. Ini diakibatkan tekanan berulang pada tulang metatarsal, yang merupakan tulang yang berjalan di antara jari kaki dan lengkungan kaki. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement