Selasa 28 May 2013 11:38 WIB

Berapa Banyak Air Minum Anda Hari Ini?

Rep: Burhanuddin Bella/ Red: Endah Hapsari
Minum air putih/ilustrasi
Foto: sheknows.com
Minum air putih/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Jawaban pertanyaan ini menjadi penting untuk menghindarkan diri dari batu ginjal. Penyakit batu ginjal layak Anda waspadai. Sebab, jika tak segera ditangani, batu ginjal pun bisa menimbulkan gangguan ginjal yang lebih serius. Dan, minum air putih adalah satu cara untuk menghindari dari batu ginjal. Sebelum telanjur, alangkah baiknya Anda terapkan jurus untuk mencegah munculnya batu di ginjal Anda. Simak tips berikut:

* Minum lebih banyak

Menambah masuknya cairan ke dalam tubuh adalah langkah pertama untuk mencegah penyakit ginjal, dengan minum 12 gelas setiap hari. Usahakan untuk meminum air putih yang lebih berfungsi optimal untuk membersihkan tubuh.

* Kurangi konsumsi produk olahan dari susu. 

Penelitian menunjukkan, batu ginjal yang acap kali muncul adalah batu yang dibentuk oleh kalsium yaitu kalsium oksalat atau kalsium fosfat. Karena itu sebaiknya hindari penggunaan suplemen kalsium untuk menguatkan tulang, mengonsumsi bahan makanan yang berasal dari susu, misalnya mentega dan keju.

 

* Kurangi protein hewani

. Seseorang yang berisiko tinggi menderita batu ginjal sebaiknya mengurangi asupan protein hewani. Makanan dengan kandungan protein hewani yang tinggi bisa meningkatkan kadar asam urat, yang ujung-ujungnya bisa menimbulkan batu ginjal.

 

* Kurangi garam oxalat

. Garam oxalat dapat memacu terbentuknya batu ginjal. Karena itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi beberapa jenis buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti teh, cola, coklat, kacang, jeruk, dan bayam.

 

* Perbanyak asupan vitamin A

. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan saluran kemih. Adapun bahan makanan yang kaya vitamin A di antaranya ubi manis, labu, brokoli, dan wortel.

 

* Perbanyak asupan vitamin B

. Para ilmuwan menemukan bahwa vitamin B6 dapat menurunkan kadar oxalat dalam darah sehingga mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Magnesium juga mempunyai dampak negatif dalam pembentukan batu ginjal. Untuk mencegah batu ginjal, disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B6 atau magnesium untuk sehari-hari, dengan batas tak lebih dari 25 mg/hari.

 

* Mengurangi asupan vitamin C

. Vitamin C dalam dosis tinggi (lebih dari 3.000 mg/hari) dapat menjadi masalah potensial ginjal. Vitamin C dalam tubuh diubah menjadi asam oksalat. Untuk itu, bagi orang yang berisiko menderita batu ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen vitamin C.

 

* Berolahraga secara teratur

. Olah raga secara teratur dapat membuka jalan bagi kalsium untuk keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam tulang.

 

* Periksa kesehatan secara teratur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement