Jumat 13 Sep 2013 10:14 WIB

Ini Pentingnya Ibu Hamil Makan Ikan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Sajian Salmon
Sajian Salmon

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu zat gizi yang tertinggi dalam ikan salmon adalah omega 3 yang baik untuk manusia. Misalnya, untuk kehamilan, kecerdasan anak, dan jantung. Pada perempuan hamil, omega 3 dapat meningkat kan kandungan DHA pada darah. “Sehingga, suplai DHA ke otak dan jaringan janin meningkat,” ujar ahli gizi Rita Ramayulis DCN MKes.

Menurutnya, 75 persen saraf janin dalam kandungan dapat dibangun oleh omega 3. Ini artinya, para ibu hamil yang mengonsumsi omega 3 dapat membangun sistem saraf optimal janin. “Jika suplai rendah, janin bisa lahir prematur, anak cenderung mengalami gangguan kecerdasan, seperti hiperaktif atau sulit berkonsentrasi,” katanya.

Omega 3 juga baik untuk kecerdasan anak. Ia menjelaskan, perkembang an otak bayi dimulai sejak masih dalam kandungan dan terus berkembang hingga ia dilahirkan, bahkan sampai balita usia dua tahun. Otak bayi terdiri atas 70 persen asam lemak dan 40 persennya berupa asam lemak omega 3. Sedang, manfaat omega 3 untuk jantung dimulai dari fungsinya menurunkan kekentalan darah sampai meminimalisasi inflamasi dalam dinding pembuluh darah.

Pada perempuan hamil yang berusia 20 minggu, Rita menyarankan menyantap dua porsi salmon setiap pekannya. Salmon sebanyak itu mengandung 200 hingga 300 mg DHA yang dibutuhkan perempuan hamil.