Rabu 30 Oct 2013 13:09 WIB

5 Langkah Agar Anak Tetap Sehat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Endah Hapsari
Anak sehat/ilustrasi
Foto: supermomcentral.blogspot.com
Anak sehat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Hal terakhir yang diinginkan oleh orang tua adalah melihat anaknya sakit. Maka, untuk mencegah anak jatuh sakit dan menjaga kesehatan, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan orang tua di antaranya:

* Sesuaikan pertolongan pertama dengan keluhan yang anak rasakan. Jika anak mengalami diare, cegah agar tak sampai terjadi dehidrasi. Berikan larutan oralit, air tajin, atau air larutan gula dan garam. 

* Anak yang terserang batuk atau peradangan pada sistem pernapasan mesti dibantu untuk menjaga pola makannya. Hindari dari makanan yang dicurigai sebagai pemicunya. Konsumsi air putih yang banyak dan didampingi makanan pengganti antioksidan sangat disarankan. Contohnya, dengan mengonsumsi sayuran dan buah.

* Tanamkan konsep hidup sehat sejak dini. Makanan dan minuman sehat adalah kunci dari hidup sehat. Orang tua harus tahu persis kandungan dan kebersihan makanan yang disantap anaknya. Tingkatkan daya tahan tubuh anak dengan membiasakannya mengonsumsi makanan sehat dan cukup istirahat. Jangan lupa melakukan olahraga. 

* Jajan adalah kebiasaan yang sangat sulit untuk dihentikan pada anak. Ada baiknya orang tua tidak membiasakannya sejak kecil. Jika ingin membeli makanan, ajarkan anak untuk mengenali makanan sehat. Makanan tidak sehat bisa diketahui dari tampilannya. Makanan yang disajikan mendekati bentuk aslinya jauh lebih sehat. Begitu pula sebaliknya. 

* Siapkan bekal sehat. Cara memasak yang baik adalah direbus atau kukus. Kandungan nutrisi makanan masih maksimal, sehingga lebih sehat. Penerapan pola ini tidak hanya berlaku pada anak. Orang tua harus mencontohkan terlebih dahulu sebelum menerapkannya pada anak.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement