Rabu 27 Nov 2013 14:03 WIB

Benjolan 'Nyasar' di Ketiak, Indikasi Kanker Payudara?

Red: Endah Hapsari
Simbol kanker payudara
Foto: akiavintage.com
Simbol kanker payudara

REPUBLIKA.CO.ID, Ami (34 tahun) merasakan ada benjolan di ketiaknya. Terkadang, ia merasakan sakit jika ditekan. Hasil pemeriksaan mamografi dan USG (Ultrasonografi) menunjukkan, ternyata ada kelenjar payudaranya yang ''nyasar'' ke ketiak. Ami pun heran, mengapa bisa seperti itu?

Menurut spesialis penyakit bedah onkologi di RS Dr Srdjito/FK UGM, dr Teguh Aryandono, SpB, BOnk, mengatakan kelenjar payudara yang ada di ketiak ini sebetulnya kelainan kongenital (bawaan). Pertumbuhan kelenjar payudara dimulai sejak sebelum bayi lahir. Tahap pertumbuhannya mulai dari atas sampai bawah, misalnya di bagian ketiak, perut, dada, payudara, dan sebagainya.

Proses ini terjadi baik pada manusia maupun binatang menyusui misalnya kucing, anjing, dan lain-lain.Pada pertumbuhan normal, bila bayi sudah lahir seharusnya kelenjar payudara yang di luar lokasi payudara, akan hilang dengan sendirinya. Namun, pada beberapa wanita, ada kelenjar payudara yang juga tumbuh di luar payudara sendiri. Biasanya kelenjar payudara tersebut tumbuh atau ada di ketiaknya. Inilah yang disebut mammae asesoria.

Tumbuhnya kelenjar payudara di ketiak tersebut akibat gangguan pengaturan dari tubuhnya sendiri. Sebetulnya tumbuhnya kelenjar payudara di ketiak itu sejak dia masih dalam kandungan. Namun keberadaannya baru terasa membesar setelah wanita itu akil-balig (pubertas) yaitu pada saat payudaranya mulai tumbuh atau membesar.