Senin 09 Dec 2013 10:04 WIB

Ini Bahayanya Duduk Terlalu Lama

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Duduk nyaman/ilustrasi
Foto: tvtropes.org
Duduk nyaman/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk duduk dalam sehari? Duduk dalam jangka waktu yang lama berkaitan sejumlah masalah kesehatan, seperti obesitas dan sindrom metabolik, peningkatan tekanan darah, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang, dan kadar kolesterol abnormal.

Selain itu, terlalu banyak duduk juga tampaknya meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker.

Dilansir dari Mayo Clinic, sebuah penelitian telah dilakukan dengan membandingkan orang dewasa yang menghabiskan waktu kurang dari dua jam dengan yang menghabiskan waktu lebih dari empat jam duduk di depan layar televisi.

Hasilnya, orang yang menghabiskan waktu lebih dari empat jam hampir 50 persen mengalami peningkatan risiko kematian akibat sebab apa pun. Dan mengalami peningkatan sekitar 125 persen risiko yang berkaitan dengan penyakit jantung, seperti nyeri dada (angina) atau serangan jantung.

Bukan hanya duduk di depan televisi, setiap duduk dalam jangka lama, seperti di belakang meja kerja atau di belakang kemudi juga berbahaya. Dan menghabiskan beberapa jam seminggu di gym atau melakukan aktivitas sedang atau berat rupanya tidak mengimbangi risiko tersebut.  Solusinya, imbangi dengan sesekali berdiri ketika Anda merasa telah terlalu lama duduk.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement