Rabu 26 Mar 2014 17:30 WIB

Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak

Cakaran kucing di anak perlu diwaspadai.
Foto: Prayogi/Republika
Cakaran kucing di anak perlu diwaspadai.

REPUBLIKA.CO.ID, Dari dulu hingga kini, orang tua masih kerap berdebat soalnya perlunya anak tumbuh dengan hewan peliharaan. Meski sejumlah hewan peliharaan bisa menyebabkan penyakit, masih banyak manfaat positif dari memiliki hewan peliharaan.

Hewan rumah seperti kucing, ikan, burung, bisa mengajarkan anak keahlian hidup. Tak ketinggalan, hewan peliharaan juga bisa menjadi teman yang baik bagi anak.

Memiliki hewan mengajarkan anak tanggung jawab. Anak-anak dengan hewan peliharaan umumnya tumbuh dengan rasa tanggung jawab dan kasih sayang untuk orang lain di masa dewasanya.

Sebab, hewan membutuhkan kasih sayang dan perhatian setiap waktu. Mereka bergantung pada manusia untuk makan, dihibur, dan diajak bermain. Anak yang aktif dalam membesarkan hewan peliharaannya biasanya tumbuh menjadi manusia yang memiliki empati lebih dan rasa kasih sayang yang besar. Belajar untuk bertanggung jawab terhadap makhluk lain akan membuat anak belajar mengurus diri sendiri.

Orang tua berperan membantu anak mengurus hewan peliharaannya. Caranya dengan pelan-pelan melepaskan tanggung jawab mengurus hewan dari orang tua ke anak. Misalnya bermula dengan membantu orang tua memberi makan hewan. Ketika makin besar tanggung jawab itu bisa diambil sepenuhnya oleh anak.

Seiring bertambahnya tanggung jawab, anak akan tumbuh rasa percaya dirinya. Ketika anak berhasil membesarkan hewan peliharaannya, maka anak akan merasa berhasil pula dengan dirinya. Rasa percaya diri bertambah dan mereka pun membawa kepercayaan diri itu bersama mereka.

Studi yang dilakukan selama bertahun-tahun menunjukkan anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan justru membangun daya tahan tubuh seperti alergi dan asma yang lebih kuat. Ketika terpapar dengan berbagai alergi yang mungkin dibawa hewan, anak justru membentuk sistem imunitas tubuh lebih naik.

Hasil yang dipublikasikan inClinical and Experimental Allergy menyatakan, anak laki-laki yang tumbuh dengan hewan peliharaan di dalam rumah memiliki risiko lebih rendah terkena alergi saat besar.

Memiliki hewan peliharaan juga membuat anak-anak lebih aktif. Menjadikan anak-anak lebih prima fisiknya. Secara umum, keluarga akan menghabiskan waktu lebih banyak di luar rumah ketika mereka punya hewan. Sinar matahari dan udara segar sangat baik bagi keluarga.

Hewan peliharaan juga membawa perasaan tenang di anak. Beberapa anak bahkan lebih rileks di dekat hewan peliharaan daripada dengan manusia.

Seperti orang dewasa, anak-anak berpaling ke hewan peliharaannya ketika mereka sedih, marah, atau tertekan. Secara ajaib, hewan bisa membawa ketenangan dan menyediakan kasih sayang yang tak berbatas bagi manusia.

sumber : Womanitely
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement