REPUBLIKA.CO.ID, Anak-anak perlu belajar menjadi konsumen cerdas. Bimbing mereka untuk jeli melihat kemasan produk yang ingin dibeli.
Untuk makanan kemasan, contohnya, perlihatkan waktu pembuatan dan kedaluwarsanya. Lantas, ajak anak untuk meneliti kemasan dan sarankan mereka agar tak memilih produk yang kemasannya rusak. Hal penting lainnya yang mesti diperhatikan adalah kandungan gizi makanan tersebut.
Kejelian serupa juga harus anak terapkan saat tertarik dengan suatu mainan anak. Biasakan agar anak ikut terlibat memilih mainannya. Sambil memilih, perkenalkan kriteria mainan yang boleh dibeli.
Anak perlu memahami hanya mainan yang sesuai usianya saja yang layak untuk dimiliki. “Sebagian orang tua jarang memerhatikan aturan usia tersebut sehingga membahayakan anaknya,” sesal Tulus Abadi, pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).
Orang tua dapat memperlihatkan pada anak logo standar nasional (SNI). Berikan penjelasan, logo SNI menjamin kenyamanan dan keselamatan pengguna produk. “Jangan lupa untuk mencermati bahan-bahan yang terkandung dalam mainan, berbahaya atau tidak untuk anak kita,” saran Tulus.
Lalu, bagaimana jika anak menemukan barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang dijanjikan produsen? Tulus mengimbau orang tua untuk tak ragu mengembalikan barang tersebut kepada produsen. Dengan begitu, ayah dan ibu dapat memberi contoh cara menjadi konsumen cerdas.
“Selagi anak masih balita, belum memahami haknya sebagai konsumen, orang tuanyalah yang harus tampil sebagai konsumen cerdas,” kata Tulus.
Saat anak sudah duduk di bangku SD, orang tua dapat memberikan arahan yang lebih konkret. Misalnya, dengan memperkenalkan jajanan yang berbahaya sehingga anak dapat mengenali dan menghindarinya.
Anak pun perlu berhati-hati membeli paket makanan yang berhadiah mainan. Iming-iming tersebut bisa memicu anak menjadi konsumtif. Apalagi, ditambah dengan bombardir iklan di media massa yang menduduki 40 persen tontonan anak. “Anak-anak mudah sekali tertarik pada makanan dan minuman yang diiklankan,” urai Tulus.